Connect with us

HEADLINE

Sasirangan Alami dan Tas Ilung Dekranasda HSU Jadi Incaran di Kriyanusa 2022

Diterbitkan

pada

Stand Dekranasda HSU hadirkan hasil anyaman purun, rotan, anyaman ilung atau eceng gondok hingga sasirangan pewarna alami yang diminati para pengunjung JCC. Foto: humas setda HSU

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Berbagai hasil kerajinan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) turut hadir dalam event pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2022 yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Jakarta Convention Center (JCC) dari 22 -25 September 2022.

Event terbesar se Indonesia ini sedikitnya diikuti 147 peserta dari berbagai daerah. Tak terkecuali Kabupaten HSU yang menghadirkan berbagai produk unggulan, mulai dari sasirangan perwarna alami, anyaman purun, rotan, hingga anyaman ilung atau eceng gondok.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten HSU Hj Erlian Noor Fauziah Husairi mengatakan, kali ini Dekranasda HSU menampilkan berbagai produk khas banua HSU diantaranya sasirangan, purun, enceng gondok dan rotan.

“Sasirangan yang ditampilkan merupakan produk dari pewarna alami sehingga mempunyai corak dan warna yang indah khas dari alam Kalimantan,” jelasnya di sela kegiatan, Jumat (23/9/2022).



 

 

Stand Dekranasda HSU hadirkan hasil anyaman purun, rotan, anyaman ilung atau eceng gondok hingga sasirangan pewarna alami yang diminati para pengunjung JCC. Foto: humas setda HSU

Baca juga  : Dinkes Tanbu Bersama Pemdes Sejahtera Lakukan Gerakan PSN Cegah DBD

Adapun berbagai produk purun, menampilkan berbagai tas dan topi sedangkan ilung atau eceng gondok ditampilkan berbagai produk tas dan karpet serta furniture.

“Produk tas ilung ini sudah melewati proses yang panjang, sehingga menghasilkan sebuah produk tas yang mempunyai tampilan ynag tidak kalah dengan tas-tas branded yang dijual di mall-mall,” tambahnya.

Lebih lanjut, sejak dibuka gelaran Kriyanusa pada Rabu kemarin, stand Dekranasda HSU selalu dipenuhi oleh pengunjung yang ingin melihat dan membeli berbagai produk kerajinan, hal ini terlihat dari omzet penjualan yang mencapai angka Rp 30 juta lebih.

“Produk yang digemari oleh pengunjung stand ialah sasirangan dan tas ilung, hal ini yang juga di apresiasi oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Wurry Ma’ruf Amin saat mengunjungi stand Dekranasda Kabupaten HSU,” bebernya.

Baca juga  : Ramai Tolak Tarif PTAM Bandarmasih Naik, Dirut: Tetap akan Menjalankan Penyesuaian Tarif ini

Sementara itu, Plt Bupati HSU H Husari Abdi, yang berkesempatan berhadir dalam acara pameran Kriyanusa kerjinan nusantara memyampaikan apresiasi dan bangga dengan Dekranasda dan Disperindagkop HSU yang telah berusaha untuk menampilkan produk-produk khas daerah HSU.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan pameran ini dapat menambah tahu orang luar HSU, bahwa di HSU ada produk-produk lokal yang berstandar internasional, sehingga menambah daya promosi dan jual Kabupaten HSU di kancah nasional,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, pameran Kriyanusa sendiri merupakan ajang memperkenalkan produk-produk kriya buatan dalam negeri yang memiliki aspek budaya yang diperlihatkan dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

Sehingga hasil kriya tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai komoditas industri yang memiliki daya saing dan bernilai ekonomi tinggi.

Pameran Kriyanusa dilaksanakan 22- 25 September 2022 di JCC Jakarta, dengan mengusung tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” dan dibuka secara resmi oleh Pembina Dekranas, Iriana Jokowi.(Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->