Santri Berharap Pemerintah Bisa Perhatikan Fasilitas di Pesantren - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Santri Berharap Pemerintah Bisa Perhatikan Fasilitas di Pesantren

Diterbitkan

pada

Ribuan santri mengikuti kegiatan hari santri nasional di Banjarmasin Foto : mario

BANJARMASIN, Pondok Pesantren Al Istiqomah merupakan salah satu dari sekian banyak banyak Pondok Pesantren yang mengikuti kegiatan Hari Santri Nasional Kalsel yang bertempat di areal masjid Sabilal Muthadin, Selasa (23/10). Terkait peringatan Hari Santri, sejumlah harapan disampaikan oleh mereka.

Seperti harapan Siti Fatimah, santriwati asal Ponpes Al Istiqomah yang berharap bisa meneruskan tugas ulama terdahulu dan menjaga perbedaan di Indonesia.

“Jangan agama dijadikan isu baik dalam politik dan untuk hal yang memecah belah bangsa,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan agar santri selalu menjaga pergaulan, menghormati kyai, dan rajin belajar.

Sementara itu, Meriana yang juga merupakan santri dari pondok pesantren yang sama berharap pemerintah juga bisa fokus kepada pondok pesantren. Terutama membantu membangun fasilitas pesantren agar lebih nyaman untuk belajar.

“Harapannya ya supaya pondok pesantren kami lebih diperhatikan dan fasilitasnnya ditambah. Supaya pondok pesantren juga bisa punya level yang sama dengan sekolah pada umumnya baik dari kualitas dan kuantitasnya,” ucapnya.

Dengan tema “Bersama Santri Damailah Negeri”, Drs. H. Noor Fahmi, MM selaku Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa Hari Santri yang sudah ditetapkan Presiden RI Joko Widodo pada 22 Oktober 2015 lalu merupakan babak baru sejarah umat Islam di Indonesi dalam mewujudkan relasi harmoni umat Islam dan pemerintah.

“Acara ini menjadi momentun untuk mempertegas peran santri sebagai pioner perdamaian,” katanya.

Kegiatan diikuti oleh 2.500 peserta dari sekolah dan santri yang ada di Banjarmasin dan satu perwakilan dari Banjarbaru. Diharpkan agar santri harus mampu menjawab tantangan jaman, mengambil peran dan mendedikasikan diri untuk senantiasa pada negeri.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan