Sajian Makanan Berkelas Chef Hotel Bintang 5 di “Humanity Food Truck” - Kanal Kalimantan
Connect with us

ACT KALSEL

Sajian Makanan Berkelas Chef Hotel Bintang 5 di “Humanity Food Truck”

Diterbitkan

pada

Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi sebuah program inovatif “Humanity Food Truck”. Foto : rico

PALU, Membantu kebutuhan makan para korban gempa dan tsunami yang melanda Provinsi Sulawesi Tengah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi sebuah program inovatif “Humanity Food Truck”. Sebuah modifikasi truk besar menjadi dapur berjalan guna memberikan layanan makan gratis untuk mereka yang membutuhkan.

Tidak tanggung-tanggung, food rruck sendiri digawangi oleh seorang koki handal dari sebuah hotel bintang lima yang biasanya menyajikan makanan dengan tampilan dan rasa berkelas.

Ialah Chef Joni Kusuma mengabdikan dirinya membantu para korban bencana lewat masakannya. Ditemui Kanal Kalimantan, Chef Joni mengatakan dalam satu hari, food truck dapat menghasilkan 1.000 porsi makanan, semuanya dibagikan kepada para korban diberbagai daerah. Ia juga mengungkapkan makanan yang disajikan dijamin sangat berkualitas layaknya produksi di kitchen hotel berbintang lima.

“Yang jelas kita memindah kitchen hotel bintang 5 ke dalam food truck ini, dan makanan yang dihasilkan sudah pasti berbeda dengan di posko dan dapur umur biasa. Dalam 1 harinya bisa menghasilkan 1.000 porsi makanan dan dibagikan ke daerah berbeda,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan ia berani terjun ke lokasi bencana, Eksekutif Chef Hotel Bintang 5 di Jakarta ini melakukan aksi kemanusian didasari panggilan hati. Selain itu, Chef Joni juga merasa bosan yang selama ini bergulat di usaha bisnis yang hanya memikirkan target. Pas bertemu dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Chef Joni akhirnya memutuskan bergabung karena menurutnya memiliki visi dan misi yang sama dengan ACT.

Kali pertama terjun di lokasi bencana, Chef Joni sempat mengalami kendala selama memasak di dalam food truck, terutama bahan baku, persediaan air hingga cuaca yang berbeda dari tempat asalnya.


“Kendala awal kurangnya bahan baku, sudah ditentukan menu ternyata dipasaran belum ada. Kalau di kitchen hotel kan selalu disediakan sama vendor. Kurangnya air juga menjadi kendala kami untuk mencuci bahan baku ditambah lagi cuacanya di sini panas,” ungkapnya.

Saat ini foot truck telah berhasil mencangkup berbagai lokasi di wilayah bencana. Dengan berbagai makanan yang berkelas atas, rencananya foot truck akan ditambah 1 unit dengan kapasitas dan kuantitas yang lebih baik.

“Kita sudah deal dengan para vendor terkait pembuatan food truck kedua yang lebih canggih dan segi kuantitas akan ditingkatkan dengan target makanannya lebih banyak dari yang sekarang yaitu 1.500 porsi makanan,” pungkasnya.

Humanity Food Truck memiliki standar khusus diciptakan, proses masak dilakukan penuh di dalam food truck dan dikelola oleh juru masak profesional. Sehingga makanan yang dihasilkan bergizi, higienis, halal, dan sesuai citarasa orang Indonesia. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan