Rocky Gerung: Perlu Pemimpin Sejalan Antara Kebijakan dan Realitas Masyarakat - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

Rocky Gerung: Perlu Pemimpin Sejalan Antara Kebijakan dan Realitas Masyarakat

Diterbitkan

pada

Seminar politik yang dihadiri pembicara Rocky Gerung Foto : net

BANJARMASIN, Kontestasi politik jelang Pemilu 2019 menjadi tema yang tak pernah habis diulas. Berbagai analisa mengupas persoalan ini, diperbincangkan dalam seminar nasional bertema ‘Evaluasi Amanat Rakyat, Sebuah Percakapan Politik’ dengan pembicara pakar filsafat Rocky Gerung dan akademisi Universitas Islam Kalimantan (Uniska), Uhaib Ashad di Banjarmasin, Rabu (17/10).

Kehadiran Rocky Gerung memang menjadi salah satu ‘magnet’ dalam seminar tersebut terkait sejumlah pernyataan yang sebelumnya memicu perdebatan hangat. Pada kesempatan tersebut, Rocky yang kerap tampil sebagai narasumber di acara ILC TV One ini mengatakan, perlunya figur pemimpin- baik eksekutif maupun legislatif, yang bisa berpikir sejalan antara kebijakan dan realitas masyarakat.

Dalam konteks ini, ia melihat adanya deklarasi dukungan beberapa kepala daerah terhadap satu di antara calon presiden 2019, tidak akan berpengaruh terhadap pilihan rakyat.

“Kepala daerah itukan cuma 33 ya, sedangkan rakyat Indonesia lebih dari itu. Jadi tidak usah khawatir terkait hal itu. Dan itu tidak ada pengaruhnya,” tuturnya.

Di sisi lain, Uhaib Asad dalam paparannya mengkritisi keterlibatan pengusaha dalam politik. Ia menyebut saat ini para wakil rakyat dan kepala daerah berselingkuh dan lebih mengutamakan kepentingan pengusaha. “Money politik ini tidak boleh dibiarkan. Tidak boleh berlarut-larut seperti ini terutama di Kalimantan Selatan,” tegasnya.

Seminar yang digelar di Hotel Banjarmasin Internasional ini, dominan diikuti kalangan mahasiswa, akademisi dan aktivis. Ada 300 orang peserta seminar terlihat antusias menyimak seminar itu. Ketua Panitia Seminar, Tatas Dwi Utama mengatakan, tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah mendidik publik agar berperan melalukan pengawasan terhadap kinerja para wakil rakyat.

“Kita juga ingin mengedukasi masyarakat tentang hak-hak politik yang dimiliki. Yang tidak kalah penting dengan diadakannya seminar ini maka masyarakat bisa lebih selektif untuk memilih wakil rakyat di semua tingkatan,” harapnya.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 6
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan