Connect with us

Haul Sekumpul 14

Ribuan Jamaah Haul Antusias Gunakan Bus Pemko Banjarbaru dan Gojek Gratis!

Diterbitkan

pada

Ribuan jamaah haul memanfaatkan jasa antar gratis Pemko Banjarbaru. Foto : rico

BANJARBARU, Beberapa jam jelang puncak perhelatan Haul Ke-14 Guru Sekumpul, Kota Banjarbaru terus dipadati oleh kedatangan para jamaah dari berbagai wilayah. Tentunya, hal ini disambut baik oleh Pemerintah Kota Banjarbaru. Bahkan relawan yang mengatasnamakan Gojek lewat pelayanan antar jemput menuju lokasi utama Haul Guru Sekumpul, Minggu (10/3).

Dari pantauan kanalkalimantan.com, jamaah yang terus memadati akses jalan utama Kota Banjarbaru disuguhkan dengan makanan ringan, minuman serta disediakan tempat berisitirahat oleh para relawan di sepanjang jalan.

Tidak hanya itu, Lapangan Murjani yang berada dipusat Kota Banjarbaru rupanya menjadi titik utama sebagian besar Jamaah untuk berkumpul sejak dini hari tadi. Tidak heran, pasalnya di lokasi tersebut para Jamaah diberikan pelayanan memuaskan yang mana salah satunya yaitu Bus antar jemput menuju lokasi utama Haul Guru Sekumpul di Martapura Kabupaten Banjar.

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani yang meninjau langsung ke lapangan mengatakan dirinya tidak menyangka animo Jamaah terus bertambah bahkan hingga menjelang siang Hari. Melihat hal tersebut dirinya mengungkapkan harapannya untuk meningkatkan pelayanan terhadap para Jamaah di tahun selajutnya.

“Pelayanan ini cukup positif dan saya kaget animonya sebanyak ini di Kota Banjarbaru. Itu berarti informasi bahwa Pemko Banjabaru memberikan pelayanan antar jemput ini tersampaikan. Tahun depan kita akan tingkatkan pelayanan ini dan semoga dapat menambah armada Bus,” ujarnya.

Diketahui, Pemko Banjarbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarbaru menyulap Lapangan Murjani sebagai kantong parkir dan akses transportasi gratis bagi para Jamaah Haul Guru Sekumpul. Sebanyak lima armada bus ini disediakan untuk mempermudah tranportasi Jamaah agar dapat mendekati lokasi Haul.

Kadishub Banjarbaru Ahmad Yani Makkie mengatakan pelayanan tersebut telah dimulai sejak Sabtu (9/3) terhadap para Jamaah dari luar daerah Kota Banjarbaru seperti Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kota Baru.  Ia juga mengatakan hingga saat ini Pukul 11.00 wita, pihaknya telah mengangkut hampir mencapai empat ribu Jamaah.

“Dini hari tadi bahkan dari Sampit Provinsi Kalimantan Tengah masuk dua puluh satu bus besar ke sini. Bisa diprediksi hingga menjelang siang ini hampir mencapai empat ribu Jamaah dan masih terus bertambah,”ujarnya kepada kanalkalimantan.

Menariknya, sejumlah relawan yang mengatasnamakan dirinya Gojek juga turut bergabung dalam pelayanan ini. Terlihat, Jamaah satu persatu diantar oleh para relawan ini menuju ke sekitar lokasi Haul tanpa memungut biaya sepeserpun.

Aswadi salah satu Gojek mengatakan hal ini dilakukan karena inisiatif mereka. Ia juga mengatakan dengan membatu para muhibbin atau pecinta Abah Guru KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani merupakan kepuasan  sendiri baginya.

“Ini inisatif para Gojek di Banjarbaru. Kita tidak berharap apapun karena dengan membantu para Jamaah ini, ada kepuasan batin yang kami rasakan,” katanya.

Di sisi lain, Kadishub Banjarbaru mengatakan dengan luar biasanya antusias para Jamaah terhadap pelayanan ini, ia berencana akan melakukan evaluasi dan akan meningkatkan fasilitas pelayanan.

“Tempat Sholat nanti akan kita bangun disini, kalau keran air kan sudah ada. Mungkin tahun depan kita juga sediakan layar untuk mengakses ke Haul. Saya harap Jamaah dari datang sampai pulang nanti mendapat keselamatan dan berkah dari Haul ke-14 Guru Sekumpul,” pungkasnya. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->