Connect with us

Kab. HSU

Rest Area Istana Junjung Buih Resmi Dibuka

Diterbitkan

pada

Peresmian Rest Area Istana Putri Junjung Buih sekaligus pengukuhan Ketua DWP Kabupaten Hulu Sungai Utara Periode 2015-2019. Foto : dew

AMUNTAI, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj, Erlian Noor Fauziah meresmikan rest area Istana Putri Junjung Buih di desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah berlangsung semarak, Kamis (20/12).

Disaksikan masyarakat dan jajaran pejabat mulai Sekretaris Daerah HSU, Forkopimda, Ketua DWP HSU serta Wakil Ketua DWP Provinsi Kalimantan Selatan, semua antusias akan proyek tersebut. Di samping peresmian rest area istana Putri Junjung Buih, juga digelar pengukuhan kepengurusan Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara periode 2017-2022 serta pelantikan/pengukuhan Ketua DWP Kabupaten Hulu Sungai Utara Periode 2015-2019.

Kepala Disperindagkop dan UKM Akhmad Redhani Effendi menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati HSU, lebih khusus Ketua Dekranasda yang selama ini telah banyak membantu dan mendukung peresmian launching rest area Istana Putri Junjung Buih.

“Rest area ini dikelola oleh UPT pasar wilayah 1 Disperindagkop dan UKM HSU dan di back up oleh Dekranasda, BUMD, SKPD terkait,” ungkap Redhani.

Ia berharap dengan adanya rest area ini dapat meningkatkan perekonomian UMKM, karna menjadi salah satu sentral promosi dan pemasaran yang ada di HSU. “Adanya rest area ini, bertujuan untuk pengunjung atau pengendara yang mampir untuk mencicipi kuliner khas Hulu Sungai Utara sambil beristirahat, sholat dan lain lain,” jelasnya.

Rest area ini juga menampung 20 los UMKM yang di berikan oleh Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, dengan berbagai macam jajanan khas HSU. Juga ada showroom Dekranasda dengan berbagai macam kerajinan olahan ilung, rotan, bambu, tempat bermain anak, tempat mancing, pojok baca, musholla serta ada free wifi. “Sekaligus berfungsi sebagai pusat informasi mengenai objek wisata yang ada di Hulu Sungai Utara,” tambah Redhani.

Direktur Pengembangan Ekonomi Lokal Bahartani Lamakampali dalam sambutannya mengatakan, Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi RI ingin berkontribusi dalam launching rest area ini dengan keterbatasan anggaran, dengan membuat lapak pedagang UMKM sebanyak 20 los/lapak. “Apa yang kami lakukan saat ini bisa menjadi bagian dari inspirasi untuk beberapa desa jika ingin melakukan hal yang sama dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati HSU diwakili melalui Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan pengurus Dekranasda HSU periode 2017-2022 serta pelantikan Ketua DWP Kabupaten HSU periode 2015-2019. Peran tugas dari Dekranasda harus memajukan dan meningkatkan sektor kerajinan melalui program yang sudah direncanakan dan harus dilaksanakan. Sehingga sektor kerajinan di HSU dapat lebih dikembangkan kualitas produk nya agar bisa bersaing dengan produk daerah lain.

Dengan di lantik nya pengurus Dekranasda dan DWP Hulu Sungai Utara hendaknya bersinergi dan berkerjasama dan berkomitmen pada peran dan fungsinya dengan sebaik mungkin dan tanggung jawab,” tandasnya. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share