Connect with us

HEADLINE

Relawan Kebersihan Haul Sekumpul ke-14 Masih Kekurangan 12.500 Kantong Sampah

Diterbitkan

pada

Relawan kebersihan untuk Haul Guru Sekumpul masih memerlukan belasan ribu kantong plastik untuk sampah. Foto: rendy

MARTAPURA, Relawan Kebersihan Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 masih harus kumpulkan 12.500 kantong sampah untuk angkut sampah para jamaah menuju 5 TPS dadakan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Koordinator Relawan Kebersihan Haul Sekumpul ke-14, Johansyah mengatakan, berdasarkan rapat pemantapan dan kordinasi relawan hari ini, jika bercermin dari tahun sebelumnya maka membutuhkan 17.000 kantong sampah. “Setidaknya kita membutuhkan 20.000 katong sampah di tahun ini,” katanya, Selasa (6/3).

Hingga sekarang, khusus untuk karung dan plastik bekas dan baru, relawan kebersihan Haul ke-14 sudah menerima sumbangan kantong dari para relawan maupun donator berjumlah 7.500 kantong. Terdiri dari 2.500 kresek plastik dan karung bekas dan 5.000 kantong plastik baru.

Sementara untuk sisanya, hingga sekarang para relawan kebersihan masih mengumpulkan kantong plastik sampah tambahan dari donator yang lain dan berkoordinasi dengan dinas terkait agar bisa membantu kekurangannya.

“Jadi kebutuhan kantong plastik kita masih kurang sekitar 12.500-an lagi. Kita mengharapkan ada bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan. Namun hingga sekarang masih belum ada kepastian, insyaallah mereka akan membantu tapi untuk jumlahnya kita masih belum tahu,” ujarnya.

Menanggapi permintaan Koordinator Relawan Kebersihan Haul Sekumpul ke-14, Kabid Pengelolaan Sampah Taman dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar Riza Rusadi mengatakan, disamping kewajiban DLH sendiri untuk membersihkan sampah Haul di setiap tahunnya, pihak DLH Banjari siap mendukung para relawan kebersihan dengan memberikan beberapa kebutuhan kantong plastik.

“Hingga sekarang kita masih belum menerima hasil rapat dikelurahan kemarin, namun kita sudah menyiapkan kantong plastik sampah sebanyak 1.500 baru,” akunya Rabu (6/3)

Ditambahkan Riza sampah yang nantinya dikumpulkan saat haul ke-14 akan diangkut ke TPA Regional Banjarbakula Provinsi Kalimantan Selatan. Namun masih menunggu izin secara tertulis dari DLH Provinsi Kalsel.

“Yang terpenting untuk sampah itu nanti akan kita angkut ke TPA Banjarbakula, kita sudah dapat izin secara lisan dari Kepala DLH Provinsi, sekarang tinggal menunggu balasannya,”akunya lagi.

Disamping itu pihaknya juga meminta bantuan ke DLH Kota Banjarbaru untuk meminta bantuan untuk keperluan haul ke-14, baik itu dari armada, awaknya, porsenil hingga BBM, namun hingga sekarang pihaknya masih menunggu balasan dari DLH Banjarbaru.

“Untuk kuota armada dan lainnya kita serahkan kepada DLH Banjarbaru, seberapa yang diberikan itu tergantung kemampuan DLH Banjarbarunya sendiri, sehingga pengangkutan sampah kita cepat clear,” ujar Riza.

Tambahnya lagi DLH Banjar sendiri menyiapkan ada 30 armada truck, 15 tosa dan 7 pickup, sementara petugas kebersihan yang dikerahkan ada sebanyak 150 hingga 200 petugas kebersihan. “Rencananya setelah jam rutin pekerjaan mereka selesai, maka akan kita lemburkan sampai malam, Insyaallah kita carikan bonusnya untuk yang lembur itu,” janjinya.

Diketahui sebelumnya dari rapat para relawan keberihan yang digelar pada Selasa (6/3) kemarin, adapun terdata sementara ada 893 relawan kebersihan yang akan terlibatdan  didikung 55 unit kendaraan roda empat sebagai angkutan sampah. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->