Punya Bioskop Mini, AFK Seminar Potensi Film Pelajar di SMKN 3 Banjarmasin - Kanal Kalimantan
Connect with us

Budaya

Punya Bioskop Mini, AFK Seminar Potensi Film Pelajar di SMKN 3 Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Aruh Film Kalimantan (AFK) 2018, Forum Sineas Banua (FSB) menyambangi SMKN 3 Banjarmasin gelar seminar “Potensi Film Pelajar”. Foto : Mario

BANJARMASIN, Aruh Film Kalimantan (AFK) 2018, Forum Sineas Banua (FSB) menyambangi SMKN 3 Banjarmasin gelar seminar “Potensi Film Pelajar”.

Anis Fikri, penanggung jawab program Bauntung Batuah kepada Kanal Kalimantan mengatakan, kunjungan ke sekolah untuk membangkitkan gema dari film-film pelajar. “Sekarang juga sangat kelihatan pergerakan film pelajar ini. Salah satunya di SMKN 3 ini,” ujarnya.

Tujuan seminar dengan tema “Potensi Film Pelajar” ini merupakan salah satu tiang penting pembangunan ekosistem perfilman.

“Kami mencoba mengedukasi bahwa film pelajar itu tidak hanya sekadar untuk bersenang-senang di Youtube, misalnya. Film pelajar sebenarnya punya pasar dan ukuran tersendiri dalam ekosistem perfilman,” beber Fikri.

Alasan dari AFK 2018 memilih SMKN 3  sebagai wadah seminar karena fasilitas penunjang yang lengkap.

“SMKN 3 Banjarmasin adalah sekolah yang mempunyai jurusan perfilman. Bioskop mini adalah salah satu fasilitas yang dipunyai sekolah ini. Bioskop mini ini sudah mencukupi,” sebut Fikri.

NovaYunita, guru bidang broadcasting dan film di SMKN 3 Banjarmasin mengatakan, jurusan film hadir memang baru saja di SMKN 3 pada tahun ajaran 2018 ini.

“Jurusan bidang ini mempunya banyak fasilitas seperti lab seni, perangkat kamera DSLR, mirorless, dan video camera. Di samping itu ditambah pula dengan studio rekaman dan mini bioskop yang didukung dengan sound system yang lengkap,” bebernya.

Nova sendiri sangat setuju sekaligus bangga karena sekolah mereka bisa bekerja sama dengan FSB dalam rangkaian AFK 2018. Ia berharap agar anak didik di jurusan film bisa semakin termotivasi. “Ini wadah memotivasi anak didik kita, ini lho cara bikin film, harus mempunyai niat yang matang,” ucapnya.

Program Bauntung Batuah salah satu dari rentetan acara AFK 2018 masih mengadakan kegiatan di SMKN 3 Banjarmasin pada Kamis (15/11) dengan agenda pemutaran film pelajar terpilih di mini bioskop SMKN 3 Banjarmasin pukul 10.00-13.00 Wita. (mario)

Reporter : Mario
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!