Connect with us

Kota Banjarmasin

PSBB Tahap III di Banjarmasin, Ibnu: Perketat Keluar Masuk Warga di RW/RT Hingga Komplek

Diterbitkan

pada

PSBB di Kota Banjarmasin diberlakukan untuk tahap ketiga. foto: fikri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Perpanjangan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga di kota Banjarmasin, Pemerintah Kota (Pemko) akan membuat kebijakan pembatasan tingkat RT/RW di lingkungan warga.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, PSBB tahap ketiga kali ini jajarannya juga akan membuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) tingkat RT/RW hingga kelurahan di kota Banjarmasin. Menurutnya, PSBK tersebut akan merangkul masyarakat untuk ikut serta dalam mengawasi jalannya pembatasan aktivitas warga.

Hal itu dilakukan agar masyarakat lebih disiplin dalam mematuhi seluruh peraturan yang sudan tertuang dalam Perwali Pasal 18 tahun 2020.

“Minimal di sekitar tempat tinggal mereka akan lebih aktif dalam pelaksanaan Poskamling dan penjagaan lainnya terkait dari segi pengamanan lingkungan,” ucapnya dalam video conference usai rapat evaluasi PSBB tahap kedua bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Banjarmasin, Kamis (21/5/2020) malam.



Selain itu, dia mengimbau masing-masing komplek membuat aturan dalam pengetatan keamanan kompleknya, seperti pembatasan orang yang berkunjung ke dalam komplek atau permukiman. Misalnya, warga tidak boleh seenaknya keluar masuk komplek. “Intinya harus ada penjagaan di komplek atau lingkungan masyarakat setempat,” ujarnya.

Ia mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan menyampaikan hal tersebut kepada masing-masing Camat dan Lurah serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar lebih memberdayakan masyarakat di sekitar dalam pengamanan lingkungannya sendiri.

“Tapi tentu kita sebagai Pemerintah Kota tidak akan lepas tangan, TNI-Polri dan Satpol-PP akan tetap bersama-sama dengan masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 ini,” jelasnya.

Dengan demikian, ia berharap pada PSBB tahap ketiga ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin masih bisa menekan penyebaran angka kasus Covid-19. Dengan sosialisasi yang lebih masif agar dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya bahaya Covid-19.

“Sehingga masyarakat kita akan semakin taat untuk menggunakan masker dan juga protokol kesehatan,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : fikri
Editor : bie

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->