Profil Kependudukan Banjarbaru 2018, Jadi Bahan Penyusun Kebijakan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Profil Kependudukan Banjarbaru 2018, Jadi Bahan Penyusun Kebijakan

Diterbitkan

pada

Ekspose profil kependudukan Kota Banjarbaru tahun 2018. Foto : rico

BANJARBARU, Ekspose profil kependudukan Kota Banjarbaru tahun 2018 dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarbaru, di Aula Linggangan Intan DPRD Banjarbaru, Sabtu (29/9).

Dihadiri Ketua Koalisi Kependudukan Dr Ir H Taufik Hidayat MSi, perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Dra Elya Rahmiati MAP, dinas terkait, penyuluh KB dan koalisi kependudukan.

Kadisdalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa Kencana MP mengatakan, expose profil kependudukan ini agar dapat dimanfaatkan secara umum sebagai bahan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah, penentuan target kinerja pembangunan dan perencanaan tolak ukur kinerja pembangunan daerah.

“Profil kependudukan sebagai pemanfaatan informasi perkembangan kependudukan, dimana manfaatnya adalah untuk mengklasifikasikan penduduk dengan berbagai kriteria. Ekspose profil kependudukan Kota Banjarbaru tahun 2018 ini pertama selesai di Provinsi Kalimatan Selatan,” aku Ir Hj Puspa Kencana MP.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Sekdako Banjarbaru Dra Hj Mahrina Noor MM meyampaikan, munculnya Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan, telah memperkokoh upaya pengendalian penduduk dan penyelenggara keluarga berencana dalam mendukug program pembangunan jangka panjang nasional. Menuju penduduk tumbuh seimbang serta untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.  “Dengan kata lain bahwa penduduk harus menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan,” lanjutnya.

Ekspose profil kependudukan ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sarana atau alat bantu yang berperan aktif dalam pengembangan data dan informasi kependudukan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka pembuatan kebijakan serta langkah-langkah strategis penyusunan perencanaan program pembangunan kependudukan daerah.

“Profil kependudukan ini nantinya akan tersedia standar penyusunan data kependudukan kota Banjarbaru, sehingga akan terrwujud kesamaan persepsi dan penafsiran dalam peyusunan profil kependudukan di masa mendatang,” tandasnya. (rico)

Repporter: Rico
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan