Connect with us

Kabupaten Banjar

PR Dinas TPH Daftarkan Juara Kontes Durian Kantongi Sertifikat

Diterbitkan

pada

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian Sarwo Edhie (kiri) bersama Kadis TPH Banjar M Fachry (kanan). Foto : rendy

MARTAPURA, Direktur Buah dan Florikultura Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Sarwo Edhie mengintruksikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar segera mendaftarkan varietas durian yang menjuarai Kontes Buah Durian dan Gelar Buah Eksotik ke Kementrian Pertanian RI.

Menurut Edhie, dirinya sangat mengapresiasi diadakannya Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar yang digelar Pemkab Banjar di lokasi obyek wisata Danau Tamiyang, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Banyak varietas durian lokal yang bagus untuk dikembangkan, sesuai dengan agroklimat khususnya di Kabupaten Banjar. Varietas durian yang menjuarai kegiatan semacam ini harus didaftarkan ke Kementan RI untuk bisa ditetapkan sebagai varietas yang sebenarnya sesuai prosedur yang berlaku, sehingga bisa diadakan melalui APBN atau APBD.

“Nanti tugasnya Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar mendaftarkan varietas durian lokal yang memang unggul,” pintanya.

Syarat pengadaan melalui APBD adalah varietas unggul, bermutu dan bersertifikat sehingga harus diuji. Varietas lokal yang sudah terdaftar dan mempunyai izin edar merupakan varietas unggul nasional dan bisa ditanam dimana saja.

Sementara itu menanggapi tugas itu,  Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar M Fachry mengatakan, pihaknya akan memproses pendaftaran ke Kementan RI, dengan bekerjasama dengan Balai Penerapan Teknologi Pertanian (BPTP) Banjarbaru dan Balai Sertifikasi Benih TPH Banjarbaru untuk melakukan karakterisasi.

“Proses itu tidak bisa langsung didaftarkan begitu saja, kita harus melakukan karakterisasi dulu sebelumnya, seperti mengetahui keadaan pohon, akar, daun, buah dan bunga dari varietas itu yang seperti apa,” jelasnya.

Lebih jauh Fachry mengatakan, setelah dilakukan karaktersisasi, selanjutnya akan dilakukan pembukuan hingga pendaftaran usulan yang ditandatangani Bupati Banjar, selanjutnya disampaikan ke Pusat Perlindungan dan Varietas Tanaman dan Perizinan Kementerian Pertanian RI. Seperti yang dilakukan pihaknya terhadap 7 varietas durian pemenang lomba kontes durian pada 2017 lalu.

“Hal ini seperti yang sudah kita lakukan tahun lalu, kala itu kita sudah menyampaikan 7 varietas, dan untuk tahun ini 6 varietas durian yang memenangi lomba hari ini dan beberapa buah eksotik yang benar-benar langka akan dikarakterisasi, sehingga dapat didaftarkan ke Kementrian Pertanian,” pungkasnya. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share