Connect with us

Kabupaten Pulang Pisau

Polres Pulpis Ingatkan Masyarakat Waspadai Peredaran Uang Palsu

Diterbitkan

pada

Kapolres Pulang Pisau Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono minta masyarakat waspada peredaran upal. Foto : Sjy

PULANG PISAU, Kejadian terkait peredaran uang palsu yang dialami beberapa warung kelontong dan warung kKopi di wilayah Pulang Pisau, membuat Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono Bima Putra Mada mengambil sikap. Ia meminta para intel dan reskrim untuk lebih mewaspadai hal-hal yang mencurigakan, khususnya terkait peredaraan uang palsu.

Orang nomor satu di korps Bhayangkara Pulpis ini juga mengingatkan warga Pulang Pisau agar ikut membantu mengungkap pengedaran uang palsu. Yakni dengan melapor secepat mungkin saat ketemu transaksi yang mencurigakan.

“Pulang Pisau memang berpotensi untuk dijadikan pasar peredaran uang palsu karena letaknya yang strategis, jalur pengendara dari arah Palangkaraya dan Banjarmasin. Bahkan pabrik pembuatan uang palsu berhasil di ungkap beberapa hari kemarin. Hasil pengakuan para pelaku, Pulang Pisau termasuk¬† pasar untuk sebaran uang palsu. Nah, kini kita minta semua untuk saling berkordinisasi,” kata Kapolres AKBP Siswo Yuwono.

Masih dikatakan Siswo yang juga mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat ini, kebanyakan Modus yang sering dipakai pengedar uang palsu adalah menukarkan uang dengan belanja di warung-warung kecil. Meski penyebarannya tidak banyak, kisaran hanya beberapa lembar dalam satu kali transaksi dan dilakukan secara berulang – ulang. Namun jika sering tidak segera di ungkap di khawatirkan akan mengganggu stabilitas keuangan.

“Kalau angka transaksi sering dilakukan pada banyak warung atau toko dan rutin dilakukan tentu akan berbahaya. Kita himbau masyarakat untuk bisa menerapkan 3 M dalam mencegah beredarnya uang aspal tadi. Yakni meraba, menerawang dan melihat tanda hologram keasliannya. Kalau ada yang mencurigakan segera lapor ke aparat agar jejak pelaku bisa dikejar,” tukasnya. (Sjy)

Bagikan berita ini!
  • 320
    Shares