PLN Kalselteng Siap Support Pelaksanan UNBK di Kalsel - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

PLN Kalselteng Siap Support Pelaksanan UNBK di Kalsel

Diterbitkan

pada

Jaringan listrik Foto : Humas PLN Kalselteng

BANJARBARU, PLN Wilayah Kalselteng siap support dan mengamankan pasokan distribusi listrik pada saat pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) April mendatang.  Langkah menjamin keamanan pasokan listrik sudah dilakukan oleh PLN Kalselteng.

Public Relations Supervisor PLN Kalselteng Bayu Aswenda mengatakan, akhir Februari lalu, PLN sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kalsel bersama beberapa instansi lain.  Dalam rapat koordinasi tersebut Disdik Kalsel meminta kepada PLN mengamankan pasokan listrik saat pelaksanan UNBK.

Bayu menambahkan, pada awal Maret PLN masing-masing area sudah melakukan perawatan rutin jaringan listrik terutama untuk saluran udara tegangan menengah bertegangan 20 kilovolt.

“Sudah dilakukan pemeliharaan rutin sebagai tindakan preventif. Inspeksi kalau ditemukan peralatan yang berpotensi gangguan diperbaiki, kalau harus diganti ya diganti,” katanya kepada Kanal Kalimantan, Selasa (13/3).

Menurut Bayu, hal paling penting terkait potensi gangguan disebabkan oleh pohon.  PLN selain melakukan pemeliharaan dengan melakukan perintisan pohon, pohon-pohon yang mau menyentuh saluran jaringan dipangkas.

“Takutnya kalau menyentuh suplai listrik akan padam, karena jaringan PLN menggunakan sistem proteksi, kalau terkena benda asing seperti pohon, sistem proteksi akan otomatis membuka atau menghentikan aliran listrik demi keamanan bersama,” jelasnya.

Bayu mengatakan, PLN juga melakukan pemeliharaan beberapa gardu distribusi, khususnya gardu-gardu distribusi yang menyuplai ke sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK online. “Saat ini masih dilakukan pengecekan dan pemeliharaan gardu-gardu tersebut,” katanya.

Terkait upaya khusus untuk mengamankan pasokan listrik ketika pelaksanaan UNBK, pihak PLN pada saat H-3 sampai H+3 pelaksaan UNBK menghentikan kegiatan pemeliharaan jaringan.  Tidak dilakukan pemeliharaan, biasanya kan pemeliharaan di siang hari.

Bayu menyampaikan, PLN yang ada Kalsel yakni di 3 area (Banjarmasin, Barabai dan Kotabaru) pada minggu ini mulai melakukan pengecekan persiapan dan peralatan petugas pelayanan teknik gangguan di lapangan.

“Petugas pelayanan teknik gangguan, nanti akan stand by 24 jam di setiap rayon, khususnya pelayanan teknis, apabila ada gangguan yang tidak terprediksi bisa langsung melakukan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan,” ucapnya.

Dia menegaskan, intinya PLN saat ini sudah dalam tahap persiapan, pemeliharaan jaringan, titik rawan juga sudah diinspeksi, melakukan pengecekan peralatan di jaringan kalua ada yang potensi membuat gangguan diperbaiki kalau ada yang perlu diganti.

Terkait bantuan suplai tambahan tenaga listrik, PLN tidak menyediakan genset untuk melaksanaan UNBK di tahun ini. Karena pasokan listrik sedang surplus, jadi lebih memaksimalkan dari PLN. “Tapi kalau memang dalam keadaan emergency di sekolah, nanti rayon-rayon terdekat akan menyediakan genset sebagai back up terakhir untuk suplai listrik di sana,” tutupnya. (abdullah/rendy)

Reporter : Rendy, Abdullah
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 10
    Shares