Petani Sungai Tabuk Buktikan Bisa Sukses Panen Bawang - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Petani Sungai Tabuk Buktikan Bisa Sukses Panen Bawang

Diterbitkan

pada

Ujicoba penanaman bawang di Desa Pejambuan yang berlangsung sukses Foto: rendy

MARTAPURA, Setelah sebelumnya sukses mengembangkan bawang merah di Desa Kahelaan, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar, ujicoba penanaman bawang juga dilakukan di Desa Pejambuan Kecamatan Sungai tabuk, Jumat (21/9).

Adapun jenis bawang merah varietas Bima Brebes tersebut tumbuh subur di lahan persawahan dataran rendah yang ditanam saat musim kemarau. Keberhasilan tersebut disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Banjar H Muhammad Fachry. Meski baru ujicoba, namun hasilnya cukup mengembiraan bagi petani yang tergabung pada kelompok tani Bina Guna Desa Pejambuan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Menurutnya, keberhasilan Rusmanto dan kawan-kawan dari Kelompok Tani Bina Guna mengembangkan bawang merah memicu petani lainnya untuk mengembangkan bawang merah. Bahkan tidak menutup kemungkinan bawang merah akan menjadi komoditi hortikultura golongan sayuran terbaru di Kabupaten Banjar.

Perlu diketahui Kementerian Pertanian RI melalui Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan sangat mendukung  dengan memberikan kegiatan demplot pengembangan budidaya bawang merah.  Bantuan ini untuk mendukung program  Upaya Khusus untuk meningkatkan produksi bawang, cabe, dan Jeruk (Upsus Baberuk).

Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan pengembangan budidaya bawang merah  seluas 4 hektar  yang tersebar di tiga  kecamatan yakni Sungai  Tabuk seluas 1 hektar, Simpang Empat 2 hektar dan Sungai  Pinang seluas 1 hektare. Paket bantuan yang diterima berupa   Benih Bawang Merah Varietas Bima Brebes sebanyak 800 kg per hektar, penumbuh berupa Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR)  100 liter per hektar dan Tricokompos 1.000 kilogram per hektar,  selebihnya swadaya petani.

Fachry menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar siap mendukung  petani yang sudah berpengalaman menanam bawang merah melalui dana APBN maupun  APBD sebagai demplot percontohan di Kabupaten Banjar.

“Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang mencanangkan swasembada bawang merah dengan fokus menumbuhkan kawasan baru bawang merah di beberapa  daerah, salah satunya Kabupaten Banjar,” jelasnya. (rendy)

Repoter: Rendy
Editor: Chelll

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan