Connect with us

Komunitas

Peringati Sumpah Pemuda, Anak Motor Banjarbaru-Banjarmasin Bagikan Bibit Durian Hingga Donor Darah

Diterbitkan

pada

Aksi pembagian bibit durian dan donor darah komunitas motor di Banjarbaru memperingati Hari Sumpah Pemuda. Foto : dok.pribadi bold riders banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Memperingati Sumpah Pemuda, gabungan tujuh komunitas motor dari Banjarbaru dan lima komunitas motor dari Banjarmasin yang tergabung dalam Bold Riders Banjarmasin ambil bagian dalam donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri pada 18 dan 24-28 Oktober 2020.

Sebelum mendonorkan darah, gabungan tujuh komunitas motor di Banjarbaru membagikan bibit pohon durian kepada masyarakat yang tengah menikmati car free day di lapangaj Murjani Banjarbaru pada Minggu lalu.

“Teman-teman bikers mendapatkan bibit pohon durian ini dari salah satu member HSFCI Banjarbaru yang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Banjarbaru. Tujuan membagikan bibit pohon durian ini adalah untuk mengajak masyarakat ikut melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon di sekitar rumah mereka,” ujar penanggung jawab kegiatan, Devin Ilham, Jum’at (30/10/2020).



 

Setelah membagikan bibit pohon durian, mereka langsung menuju ke Unit Transfusi Darah RSU Idaman Banjarbaru untuk mengikuti kegiatan donor darah. Sementara di Banjarmasin, pelaksanaan donor darah digelar di PMI Banjarmasin.

Alpiyanor, koordinator acara menjelaskan terdapat tujuh komunitas motor di Banjarbaru (RVC Banjarbaru, YVC-I BB, GCI Banjarbaru, Byonic Banjarbaru, YR15CI Banjarbaru, SSB Banjarbaru, dan HSFCI Banjarbaru) yang terlibat dalam kegiatan ini.

Sementara kegiatan di Banjarmasin diikuti lim komunitas motor (Bandit Batola, RVC Banjarmasin, CBR Independen Banjarmasin, dan Byonic Banjarmasin). “Para bikers ini bergabung dengan komunitas lain di Banjarmasin dan Banjarbaru. Dari kegiatan donor darah yang diikuti total 131 peserta dari Bold Riders serta komunitas lain dari SuperSoccer dan SuperAdventure ini, berhasil terhimpun 129 kantong darah,” jelas Alpi.

Donor darah ini merupakan bagian dari program kolaborasi komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak. Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 Karang Taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, Karang Taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->