Peringati Hut RI Dan Harjad Banjar Kalimati Dibersihkan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pemkab Banjar

Peringati Hut RI Dan Harjad Banjar Kalimati Dibersihkan

Diterbitkan

pada

Pemkab Banjar memperingati HUT dengan membersihkan Kalimati Foto: rendy

MARTAPURA, Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupten Banjar yang ke-68 dan HUT Kemerdekaan RI ke-73 PD Pasar Batuah Kabupaten Banjar gelar aksi peduli lingkungan dan penghijauan di Kalimati Kelurahan Murung Keraton bersama pedagang, Kelurahan dan Masyarakat sekitar pasar, Jumat (9/8).

Begitu memurut Rusdianyah Plt Dirut PD Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar, jelasnya Keberadaan Kalimati di Kelurahan Murung Keraton dalam waktu yang berjalan terus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah.

Mengingat kondisi kalimati sekarang dipenuhi banyak lumpur, ditambah air yang tidak mengalir yang mengakibatkan bau yang menyengat, pahkan sampah sampah rumah tangga hingga bekas limbah sisa dari pasar bauntung batuah itu sendiri terus dibuang sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan pastinya masih menjadi PR besar yang harus diselesaikan.

“Dari kegiatan ini kita berupaya dapar menumbuhkan rasa kebersamaan, saling mencintai terhadap lingkungan, rasa saling memelihara dan menjaga agar kali mati ini nantinya tetap bisa telihat bersih dan nyaman,” ujarnya.

Terangnya Rusdi adapun dalam kegiatan kali ini setidaknya melibatkan PD pasar Bauntung Batuah itu sendiri, Para pedagang lingkungan pasar, unsur pemerintah terkati seperti kelurahan dan masyarakat di sekitar pasar masyarakat murung keraton.

“Mudah-mudahan kedepan efek dari kegiatn ini timbul rasa kesadaran, tumbuh rasa saling mencintai lingkungan dan tidak lagi membuang sampah di kalimati,” harapnya.

Dijelaskannya juga diluar kegiatan ini pihaknya, selalu berupaya untuk menghimbau kepada seluruh bagaian tergait, tidak hanya dari kepemerintahan, kelurahan, namun pedagang dan masyarakat dilingkungan kalimati juga diharapan agar sama-sama bisa membersihakan dan terus menjaga serta merawat keberadaan Kalimati.

Sementara itu masih ditempat yang sama tanggapan tidak jauh berbeda juga dilontarkan oleh Sekertaris Kelurahan Medi Rudiansah menurutnya kegiatan kali ini memang merupakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupten Banjar yang ke-68 dan HUT Kemerdekaan RI ke-73 PD.

“Dalam kegiatan kali ini kita bekerjasama dengan PD Pasar Bauntung batuah untuk membersihkan keberadaan kalimati yang semakin lama semakin memperihatinkan walaupun dalam kesempatan tertentu kalimati juga sering dibersihkan,” ujarnya.

Dijelaskannya juga polemic sekarang ini memang timbul dari masyarakat yang kurang menyadari akan pentingnya kebersihan itu sendiri sehingga, sehinga mereka membuang sampah sembarangan tanpa memperdulikan kerugian yang ditimbulkan setelahnya.

“Kita juga sering menghimbau dan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat baik secara lisan dan tertulis seperti sepanduk-sepanduk larangan untuk tidak membaung sampah di kalimati, namun semua itu kembali kepada kesadaran masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (rendy)

Reporter: Renddy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan