Connect with us

Pemerintahan

Penerapan Efisiensi Energi, Paman Birin Serahkan Penghargaan

Diterbitkan

pada

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memberikan penghargaan energi bidang efesiensi energi, Selasa (4/12). Foto : rico

BANJARBARU, Bentuk apresiasi kepada para stakeholders dan mempromosikan keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi di Provinsi Kalsel, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memberikan penghargaan energi bidang efesiensi energi, Selasa (4/12).

Kali pertama diselenggarakan acara penghargaan ini, dijelaskan Kepala Dinas ESDM Kalsel Edi Harfendi, demi mendorong kesadaran warga dan pemangku kepentingan terhadap konservasi energi. Penghargaan yang diberikan atas dasar hasil monitoring upaya konservasi energi di setiap pemerintah daerah dan instansi teknis.

“Syaratnya yang telah bentuk gugus tugas, telah melakukan upaya penghematan energi lewat penggantian lampu, AC, dan penghematan peralatan elektronik yang tidak digunakan,” ucapnya.

Tercatat ada tiga daerah di Kalsel yang berhasil meraih penghargaan penerapan efisiensi energi tersebut, yaitu Kabupaten Banjar sebagai juara pertama, kemudian disusul Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu masing-masing sebagai juara kedua dan ketiga.

Sementara di lingkup Pemprov Kalsel juara pertama berhasil diraih Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, juara kedua Dinas Perdagangan Kalsel, dan juara ketiga diraih Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Banjarbaru Provinsi Kalsel.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menuturkan, perlunya penghematan energi fosil di tengah cadangan yang makin menurun. Apalagi menurutnya, kebutuhan energi setiap tahun terus bertambah seiring gencarnya pembangunan dan pertumbuhan manusia.

“Ketersediaan energi fosil seperti gas bumi, minyak bumi, dan batu bara makin berkurang.Tidak bertambah, berkurang iya,” ujar Sahbirin Noor.

Menurut Gubernur Kalsel, pemerintah kabupaten/kota sudah membentuk gugus tugas koordinatif dan gugus tugas SKPD dalam hal penghematan energi. Gugus tugas koordinatif berfungsi mengawasi penghematan energi di pemerintahan daerah dengan koordinator sekretaris daerah. Adapun gugus tugas SKPD berfungsi mengawal penghematan energi di setiap kantor SKPD dengan koordinator sekretaris instansi.

Sahbirin pun mengajak masyarakat ikut menghemat penggunaan energi dari lingkup rumah tangga, seperti penghematan listrik dan air bersih.

“Kami ingin gerakan hemat energi sampai ke desa-desa. Kalau bisa hemat energi, bisa untuk anak cucu kita. Masyarakat harus ikut gerakan hemat energi,” ucapnya.

Kepada para pihak yang mendapat penghargaan, Paman Birin berharap dapat lebih memotivasi, menumbuhkan kreasi, dan sekaligus menginspirasi berbagai pihak, untuk terus bergerak dalam penghematan energi di Provinsi Kalimantan Selatan. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!