Pendidik PAUD HSU Pelatihan Membuat Display Kelas - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Pendidik PAUD HSU Pelatihan Membuat Display Kelas

Diterbitkan

pada

Pelatihan pendidik PAUD se Kabupaten HSU bertema “menjadi guru hebat dan inspiratif”. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU) menggelar pelatihan pendidik PAUD se – Kabupaten HSU bertema “menjadi guru hebat dan inspiratif”. Pelatihan berlangsung di gedung PKK Amuntai, Sabtu (13/10), diikuti 40 peserta pendidik PAUD se HSU.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid mengatakan, pemerintah sadar betul bahwa pendidikan anak sejak dini sangatlah penting sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, karena anak merupakan generasi penerus di masa yang akan datang.

“Sehingga perlu adanya kemudahan untuk mengakses pendidikan anak sejak dini tersebut,” ujar Anisah.

Oleh karenanya, pemerintah melalui dinas yang terkait khususnya dinas pendidikan telah banyak mendirikan lembaga pendidikan anak usia dini hingga ke desa-desa. Ia berharap dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang cara memberikan pendidikan yang baik kepada anak usia dini.

“Sehingga menyentuh semua aspek perkembangan anak, baik itu aspek spritiual atau keagamaan, aspek sosial, aspek pengetahuan dan keterampilan,” kata Anisah.

Lewat pelatihan pendidikan PAUD ini, Bunda PAUD HSU ini berharap dapat lebih meningkatkan peran aktif anggota kader melayani kebutuhan pendidik anak usia dini sehingga terwujud generasi emas yang unggul dan berakhlakul karimah.

Masa emas anak alias golden age hendaknya dimanfaatkan untuk memberikan menu pendidikan yang terbaik bagi anak. “Karena kunci sukses yang sesungguhnya di masa depan adalah ketika anak memiliki pondasi yang kuat sehingga siap menghadapi tantangan zaman,” pungkas Anisah.

Sementara itu, Habib Alwi Jamalulel, nara sumber pelatihan menjelaskan beberapa materi yang karakteristik pada anak usia dini. Anak usia dini sangatlah suka dengan sesuatu yang berwarna dan suasana yang baru, maka dari itu para guru harus membuat display kelas di PAUD masing-masing. “Display kelas menjadi salah satu stimulus agar anak-anak kita mudah belajar,” ungkapnya.

Pada usia dini 0-6 tahun otak berkembang sangat cepat hingga 80% pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi tidak melihat baik dan buruk. “Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik mental maupun spiritual anak mulai terbentuk,” katanya. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan