Connect with us

Kota Banjarbaru

Pemuda Pemeran Utama Politik Bukan Lagi Figuran

Diterbitkan

pada

PEMUDA MELEK POLITIK, Diskusi tematik dengan tema “Pemuda dan Konstelasi Politik” yang dilaksanakan oleh DPD KNPI Banjarbaru. Foto : abdullah

BANJARBARU, Berdasarkan data BPS pemuda adalah pemilik sah suara mayoritas di negeri ini atau sebesar 60% jumlah pemilih adalah berasal dari anak muda (<40 tahun). Sehingga wajar menjadikan pemuda sebagai aktor utama politik dan bukan lagi figuran.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jendral DPW Partai Solidaritas Indonesia Kalsel, Yogi Adhiatma pada saat memberikan paparan dalam Diskusi tematik denga tema “Pemuda dan Konstelasi Politik” yang dilaksanakan oleh DPD KNPI Banjarbaru, Rabu (28/2).

Yogi menyampaikan, sebuah keniscayaan peran pemuda dalam kehidupan berpolitik.

“Kita menyadari bahwa sekarang banyak anak muda yang alergi dengan politik. Menganggap bahwa politik itu jahat dan keji,” katanya.



Dia menambahkan, statement ini perlu dikoreksi bersama. Sekarang merupakan tahun politik 2018 ini. “Jangan sampai dengan keacuhan kita sendiri hak hak berbangsa dan bernegara kita sebagai pemuda menjadi termarginalkan,” ujarnya.

Yogi mengatakan, pemuda memiliki bargaining yang tinggi di hadapan partai manapun di negeri ini.

Foto : abdullah

Ketua DPD KNPI Banjarbaru Dr Eddy E Jaya MS mengatakan, saatnya pemuda bangkit dan bergerak melalui KNPI kota Banjarbaru dengan menghidupkan kembali gairah anak-anak muda  untuk berpolitik.

Eddy menambahkan, tercatat dalam sejarah emas bangsa ini menuju kemerdekaan bahkan menumbangkan  semua orde otoritarian di negeri ini adalah peran pemuda dan mahasiswa di negeri ini. “Kita adalah aktor penggerak, pendobrak bahkan penumbang rezim,” tegasnya.

Dia memastikan diskusi tematik ini akan menjadi agenda dan program wajib DPD KNPI Kota Banjarbaru yang akan diselenggarkaan secara periodik. “Tentunya pada diskusi berikutnya kita akan menghadirkan narasumber lain yang berkompeten,” tutupnya. (abdullah)

Reporter : Abdullah
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->