Pemkab HSU Gelar Rakor Jelang Evaluasi SAKIP 2018 - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Pemkab HSU Gelar Rakor Jelang Evaluasi SAKIP 2018

Diterbitkan

pada

Rapat koordinasi membahas SAKIP yang dihadiri Wakil Bupati H Husairi Abdi. Foto : dew

AMUNTAI, Guna meningkatkan koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU), maka akan digelar rapat koordinasi oleh Tim Evaluator dari Inspektorat Provinsi Kalsel pada tanggal 12 September 2018.

Rakor bertempat di Aula Bappelitbang HSU, Kamis (6/9), dihadiri Wakil Bupati H Husairi Abdi, Lc, Kepala Dinas, Kasubbag Program & Data serta Kasubbag Perencanaan dan Keuangan pada masing-masing SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dalam kesempatannya, masing-masing SKPD pada pertemuan kali ini memaparkan tentang kinerja yang telah dicapai dalam pelaksanaan program maupun kegiatan yang dibiayai APBN/APBD.

Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan SAKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya. Sasarannya tak lain untuk mewujudkan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya.

Tak kalah penting juga, untuk transparansi instansi pemerintah dan terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah serta terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka harus disusun dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) yang disusun oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar masyarakat mengetahui dan menilai apa yang dilakukan pemerintah bahkan masyarakat dapat terlibat langsung dan berpartisipasi dalam pencapaian tujuan.

Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi, Lc dalam saat memberikan sambutannya dalam rakor tersebut berharap dengan adanya pertemuan ini masing-masing SKPD bisa saling memberikan masukan agar benar-benar siap saat kedatangan tim evaluator pada hari Rabu tanggal 12 September 2018 mendatang. Ia juga berharap agar laporan yang dibuat berbanding lurus dengan kinerja dilapangan.

“Melihat nilai LAKIP Kabupaten Hulu Sungai Utara yang masih CC dan hendaknya bisa ditingkatkan menjadi BB di tahun 2018, oleh karena itu kita serius melakukan perbaikan dalam membuat laporan berkaitan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah,” katanya.

Wabup juga menambahkan hasil evaluasi bisa digunakan untuk bahan perbaikan di tahun mendatang. “Di sana bisa jadikan pedoman atau kelemahan apa yang ada pada di tahun lalu,” pungkasnya.(dew)

Reporter : Dew
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan