Connect with us

RELIGI

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1443 H pada Minggu 10 Juli 2022

Diterbitkan

pada

Pemerintah tetapkan Idul Adha pada 10 Juli 2022. Foto: net

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA– Pemerintah hari raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Keputusan tersebut disampaikan Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhif Sa’adi dalam telekonferensi pers penentuan awal Zulhijjah 1443 H/2022 M, Rabu (29/6/2022) malam, yang disiarkan secara daring.

“Secara mufakat 1 Zulhijah 1443 jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022. Ini berarti hari raya Idul Adha akan jatuh pada tanggal 10 Zulhijah dan bertepatan juga dengan tanggal 10 Juli 2022,” kata Ketua MUI KH Abdullah Jaidi.

Secara umum, posisi hilal di Indonesia belum memenuhi kriteria baru MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Tinggi bulan kurang dari 3° dengan elongasi <5°.

 



Baca juga : DPRD Kapuas Rapat Paripurna Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021

“Dengan menggunakan kriteria baru MABIMS yang di bawah wilayah Indonesia dan Asia Tenggara belum memenuhi kriteria. Tinggi bulannya itu masih kurang dari 3° (gambar yang kanan atas) dan dari data elongasi yang ada di tabel itu pun elongasinya baru sekitar 5° kurang. Artinya belum memenuhi kriteria,” terang anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Thomas Djamaluddin dalam channel YouTube Kemenag RI.

Thomas menjelaskan, dalam hal ini bulan terlalu tipis untuk bisa mengalahkan cahaya syafak yang masih cukup kuat, sehingga secara hisab hilal tidak bisa dirukyat pada 29 Zulkaidah ini. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter : kk
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->