Pedagang Konveksi Pasar Sudimampir Rugi Ratusan Juta - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Pedagang Konveksi Pasar Sudimampir Rugi Ratusan Juta

Kiriman Barang Lewat Jasa Ekpedisi Ikut Terbakar di KM Satya Kencana IX

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares

Diterbitkan

pada

Evakuasi korban kebakaran KM Satya Kencana IX di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Foto : ammar

BANJARMASIN, Kebakaran yang menimpa KM Satya Kencana IX menimbulkan banyak kerugian terlepas dari kerugian para korban yang menaiki kapal tersebut pada Sabtu (4/8) lalu.

Hal ini dialami oleh seorang pedagang konveksi di pasar Sudimampir Banjarmasin, Nadia yang khawatir karena ada barang dagangan kiriman lewat jasa ekspedisi ikut menjadi korban dalam kapal naas tersebut. “Jelas saya khawatir, ada barang dagangan di sana,” ungkapnya.

Ditambahkan Nadia, barang-barang tersebut berupa baju-baju muslim serta pakaian wanita yang menjadi modal di pasar Sudimampir. “Rencananya barang tersebut sudah bisa dijual belikan Senin besok,” katanya.

Tak tanggung-tanggung, kerugian yang harus ditelannya mencapai puluhan juta rupiah, barang dagangannya tersebut dikirimkan melalui jasa expedisi yang saat itu menggunakan transportasi laut.

Selain dirinya, sebut Nadia, ada pedagang di pasar Sudimampir yang juga mengalami kerugian hingga hampir Rp 1 miliar. “Selain saya, ada juga yang rugi hampir 1 miliar,” katanya.

Sampai saat ini, dirinya dan beberapa pedagang pasar Sudimampir terus meminta kejelasan terkait barang-barang kiriman yang mungkin saja ludes di dalam KM Satya Kencana IX yang terbakar itu.

Sementara itu, sebelumnya PT Dharma Lautan Utama (DLU) berjanji akan bertanggung jawab penuh atas peristiwa KM Satya Kencana IX yang terbakar. Seluruh penumpang akan menerima santunan, selain dari pihak asuransi.

“Akan ada uang kompensasi dari perusahan pada pelanggan sebesar Rp 1 juta. Untuk yang barangnya kehilangan lebih lanjut akan kami hubungi,” terang Direktur Operasi dan Usaha PT DLU Rakhmatika Ardianto di Banjarmasin, Sabtu (4/8) malam.

Menurut Rakhmatika, semua kendaraan penumpang di atas kapal diasuransikan. Jadi, selain menerima klaim ganti rugi asuransi, dari pihak perusahaan juga memberikan santunan yang besarannya akan dipikirkan lebih lanjut.

“Kami juga menyediakan fasilitas berupa pakaian ganti dan makan sebelum pulang ke tujuan masing-masing. Akomodasi untuk tempat menginap juga disediakan, termasuk yang ingin langsung melajutkan perjalanan kami siapkan sarana. Bahkan ada yang minta ke Surabaya, besok kami belikan tiket pesawat untuk kembali,” papar Rakhmatika didampingi Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi kepada wartawan. (ammar)

Reporter: Ammar
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares