Connect with us

Kabupaten Barito Selatan

Para Damang Diminta Berperan Aktif Tingkatkan Kebudayaan Barsel

Diterbitkan

pada

Penampilan seni aksi kuntau dari Anggota DPRD Barsel H Sudiarto saat Musrenbangdes di Desa Babai Kecamatan Karau Kuala. Foto: digdo

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK– Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri telah melantik secara resmi 2 Damang untuk Kecamatan Karau Kuala dan Dusun Hilir di aula Kantor Kecamatan Karau Kuala, Jumat (31/1/2020).

Bupati Barsel berharap dua Damang yang telah dilantik ini bisa berperan aktif dalam meningkatkan kebudayan Barsel, baik lewat acara adat maupun pada acara kebudayaan.

“Kita harapkan para Damang baik yang baru dilantik maupun semua Damang yang ada di Barsel, bisa turut serta untuk dapat meningkatkan kebudayaan kita,” kata Eddy Raya usai pelantikan.

Ia juga mengatakan, akan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan sumber daya penghasilan dari para Damang dan Mantir yang ada di Barsel. Sehingga dapat berperan aktif di masyarakat untuk meningkatkan kebudayaan.



“Kita akan berupaya untuk dapat meningkatkan sumber daya penghasilan dari para damang dan mantir adat, sehingga dilapangan bisa semaksimal mungkin untuk menjaga kearipan budaya kita,” ujar Eddy Raya.

Ditambahkan olehnya seperti halnya waktu pembukaan Musrenbangdes tadi berbagai macam pertunjukan seni budaya ditampilkan seperti Karungut, Kintau, hingga batopeng kiranya semua itu bisa tetap ada dan jadi warisan ke depannya.

“Kita berharap semua unsur kebudayaan baik dari adat isti adat hingga seni daerah Barsel bisa terus ada dan terus diwariskan hingga kedepannya,” tandas Eddy Raya sekaligus mengakhiri.(kanalkalimantan.com/digdo)

 

 

Reporter : Digdo
Editor : Cell

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->