Connect with us

Kota Banjarbaru

Pangkas Antrean di RS Idaman, Ada Pendaftaran Online dan Anjungan Pendaftaran Mandiri

Diterbitkan

pada

Layanan pendaftaran online dan anjungan pendaftaran mandiri (APM) di RS Idaman Banjarbaru. foto : rico

BANJARBARU, Meningkatkan kualitas pelayanan, RS Idaman Banjarbaru sudah menerapkan pelayanan kesehatan berbasis teknologi. Dengan meluncurkan layanan pendaftaran online dan anjungan pendaftaran mandiri (APM) pada 16 Oktober 2018 saat memperingati hari ulang tahunnya.

Layanan pendaftaran online dan anjungan pendaftaran mandiri (APM) diharapkan dapat membantu pasien mendapatkan pelayanan yang lebih cepat.  Kedua sistem tersebut memudahkan proses pendaftaran pasien sehingga dapat mengurai antrean panjang tak lagi terjadi, karena jumlah kunjungan rawat jalan RS Idaman Banjarbaru mencapai 300-450 pasien/hari, sehingga butuh waktu yang lama untuk mendapatkan nomor antrean.

Pasien dapat mudah melakukan pendaftaran di rumah masing masing tanpa harus melalui loket pendaftaran yang ada di RSD Idaman Banjarbaru. Calon pasien cukup melakukan pendaftaran melalui website resmi di www.pendaftaran.rsidaman.banjarbarukota.go.id.

Direktur Direktur RS Idaman Banjarbaru, dr Hj Endah Labati Silapurna MHKes, pendaftaran online sementara hanya dapat dilakukan pasien yang sudah pernah berobat di RS Idaman Banjarbaru dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah terdaftar.

“Langkah pertama saat akan melakukan pendaftaran online, pasien dapat menghubungi customer service RS Idaman Banjarbaru untuk aktivasi, ini dapat dilakukan untuk pendaftaran pasien H-7 sampai dengan H-1 dari hari berobat,” ujarnya.
Melalui pendaftaran online pasien bisa langsung memilih tanggal berobat dan poliklinik yang dituju. Setelah mendaftar secara online pasien akan mendapatkan bukti pendaftaran online dan nomor antrian poliklinik. Bukti ini dibawa dan ditunjukan ke loket verifikasi pendaftaran online untuk penerbitan surat legibilitas pasien (SEP) sedangkan untuk pasien umum membawa bukti pendaftaran online langsung ke kasir untuk membayar administrasi. Selanjutnya pasien dapat langsung menuju ke poliklinik tujuan untuk menunggu pemeriksaan dokter.
Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) merupakan alat yang menyerupai ATM. Alat ini bisa digunakan pasien yang sudah pernah berobat di RS Idaman Banjarbaru dan telah memiliki nomor rekam medik yang terdaftar di RS Idaman.

Lebih lanjut, Direktur RS Idaman mengatakam dengan alat ini, pasien dapat mendaftar secara mandiri tanpa harus mengambil nomor antrian loket pendaftaran.

“Pasien dapat memilih tanggal berobat dan poliklinik yang dituju. Seperti halnya pendaftaran online, APM juga dapat mendaftarkan pasien untuk 7 hari kedepan. Setelah mendaftar melalui APM, pasien akan mendapat bukti pendaftaran dan nomor antrean,” jelasnya.

Untuk pasien BPJS, kemudian membawa bukti tersebut ke loket verifikasi online untuk penerbitan SEP, sedangkan untuk pasien umum membawa bukti pendaftaran ke kasir. Selanjutnya pasien dapat langsung menuju kepoliklinik untuk menunggu pemeriksaan dokter.
Mesin anjungan pendaftaran melayani pendaftaran pada pukul 08.00 Wita sampai dengan 12.00 Wita.  Selama proses pengenalan APM, ada petugas yang mendampingi untuk pendaftaran melalui APM.  Untuk pasien baru yang belum memilki kartu berobat maka tetap diarahkan ke pendaftaran manual. (rico) 

Reporter:Rico
Editor:Bie

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->