Operator Dapodik PAUD-Dikmas HSU Dilatih Operator Kemendikbud - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Operator Dapodik PAUD-Dikmas HSU Dilatih Operator Kemendikbud

Diterbitkan

pada

Bimtek aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas serta sinkronisasi pemutakhiran pendataan di Gedung Agung Pemkab HSU. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Tenaga administrasi dan pengelola Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD-Dikmas se-Kabupaten HSU mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas serta sinkronisasi pemutakhiran pendataan di Gedung Agung Pemkab HSU. Selasa (6/11).

Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional. Bagian dari program perancanaan pendidikan nasional bersifat tunggal, terpadu, terpusat, online dalam waktu nyata dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kasi Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Disdik HSU Basuki Rahman mengatakan, Bimtek pengelolaan Dipodik PAUD-Dikmas bertujuan untuk pendataan dan pengelolaan data pada satuan pendidikan, pendayagunaan dan pelayanan data informasi pendidikan di lembaga pendidikan.

“Dalam rangka perencanaan dan evaluasi pengelolaan sistem informasi pendataan pada bidang PAUD-Dikmas, serta menambah pengetahuan kepada para pengelola data di masing-masing lembaga pendidikan,” ujar Basuki. Kabupaten HSU satu satunya daerah di Kalsel yang saat ini memperoleh porsi langsung Bimtek oleh operator nasional Kemendikbud RI.

“Karena jumlah peserta sebanyak 360 orang, kegiatan ini digelar dua tahap, selama dua hari 6 dan 7 November 2018,” ujarnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Pendidikan HSU H Rahmat mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbud RI yang memberikan kepercayaan kepada Disdik HSU untuk mendapatkan bimbingan langsung dari petugas teknis aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas.

“Kehadiran teknologi memudahkan pekerjaan sekarang ini, melalui data itulah yang dapat kita buat perencanaan, karena selama sesuatu harus berpijak kepada sumber data yang akurat, kongkrit dan uptodate sehingga segala pengambilan keputusan dapat sesuai, tepat dan efektif dengan perencanaannya,” bebernya, Bimtek kali ini kedatangan nara sumber Danu Prayoga, operator aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan