Connect with us

HEADLINE

Menyusul 1 Orang Positif Corona di Banjarmasin, Kontak Jejak Pasien Ulin 01 Ditelusuri

Diterbitkan

pada

HM Muslim, Juru Bicara Tim Gugus Tugas pencegahan, pengendalian, dan penaganan virus corona (Covid-19) Pemprov Kalimantan Selatan. foto: fikri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Satu warga Banjarmasin positif Covid-19 berusia 40 tahun -pasien Ulin 01-, membuat Tim Gugus Tugas Kalsel harus melakukan tindakan cepat.

Salah satu upaya yang dilakulan yakni melakukan tracing –penelusuran- kepada pihak siapa saja pasien sempat kontak.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas pencegahan, pengendalian, dan penanganan virus corona (Covid-19) Kalimantan Selatan HM Muslim saat menjelaskan bahwa tracing dilakukan dan masih belum disimpulkan berapa banyaknya.

“Kita sudah melakulan tracing (penelusuran kontak) dan sebagian yang ditracing terhadap pasien Ulin 01 positif  ini, sudah masuk dalam jumlah pasien orang dalam pengawasan,” katanya, saat jumpa pers di kantor Setdaprov Kalsel, Minggu (22/3/2020) siang.

Disinggung soal pasien Ulin 02 hingga Ulin 05, Muslim menjelaskan itu dalam kondisi membaik. Namun tetap pihaknya lakukan isolasi sebagai SOP.

“Kondisi 4 ODP lainnya yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin kian membaik. Keempatnya ODP ini merupakan warga Kabupaten Tanah bumbu,” kata Muslim.

Muslim mengatakan, pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virua corona tersebut merupakan pasien dengan kode Ulin 01 yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin.

“Kita sampaikan, pasien Ulin 01 merupakan warga kota Banjarmasin. Pasien berusia 40 tahun,” katanya saat konfrensi pers, Minggu (22/3/2020) siang.

Jumpa pers Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Kalsel, Minggu (22/3/2020). foto: fikri

Muslim membeberkan bahwa pasien Ulin 01, memiliki riwayat perjalanan keluar daerah yakni ke pulau Jawa. Daerah yang didatangi pasien tersebut telah dinyatakan terjangkit virus corona.

Diungkapkan Muslim bahwa saat ini kondisi pasien Ulin 01 berangsur-angsur stabil. Namun, pihaknya akan tetap akan melakukan langkah-langkah sesuai SOP yang telah ditetapkan, yakni perawatan dan pengambilan spesimen darah.

“Kita akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kalau hasil pemeriksaan nantinya dinyatakan negatif, maka bisa dipulangkan,” lanjut Muslim.

Baca juga: BREAKING NEWS: 1 Orang Positif Covid-19 di Kalsel, Kasus Pertama Ditemukan

Kepastian satu orang positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Kalimantan Selatan, sebelumnya disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Minggu (22/3/2020) siang. Ini menjadi kasus pertama, Setelah pemerintah provinsi Kalsel menaikkan status tanggap darurat Covid-19 pada Sabtu (21/3/2020).

Hal ini ditegaskan Gubernur Kalsel, usai melakukan teleconference bersama seluruh Bupati dan Wali Kota se Kalsel dalam mengantisipasi wabah Virus Corona ini, Minggu (22/3/2020) siang.

“Dari 5 hasil pemeriksaan, satu positif. Kita perintahkan untuk siaga antisipasi pencegahan Covid-19 dengan status tanggap darurat dengan melakukan hal-hal preventif,” ucap Sahbirin Noor saat ditemui di kantor Setdaprov Kalsel. (kanalkalimantan.com/rico/fikri)

Reporter : rico/fikri
Editor : bie

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->