Connect with us

LIPSUS BANJARBARU

Luncurkan Aplikasi Banjarbaru Dalam Genggaman, Sandiaga Uno Ikut Gaungkan Smart City!

Diterbitkan

pada

Launching aplikasi Banjarbaru Dalam Genggaman yang dihadiri Sandiaga Uno Foto: rico

BANJARBARU, Sandiaga Salahudin Uno bersama Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan melaunchingkan aplikasi bertajuk ‘Banjarbaru Dalam Genggaman’.

Aplikasi inii digadang-gadang sebagai inovasi Pemkot Banjarbaru dibidang teknologi informasi dalam memberikan kemudhan pelayanan bagi masyarakat. Peluncuran aplikasi yang dilakukan di auditorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Rabu (11/12) dan disaksikan ratusan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai fakultas.

Menariknya, peluncuran aplikasi ini dilakukan dengan cara pendeteksi wajah. Ya, aplikasi Banjarbaru Dalam Genggaman diluncurkan saat deteksi wajah memastikan wajah Walikota Banjarbaru, Wakil Walikota, Plt Kadis Kominfo Iwan Hernawan dan Sandiaga S Uno.

Begitu keempatnya diminta naik ke atas panggung dan menyebutkan nama satu persatu secara bergiliran kemudian diterima sistem, maka aplikasi tersebut bisa digunakan bagi yang mengaksesnya.



Menurut Nadjmi, peluncuran aplikasi merupakan komitmen dan semangat Pemkot Banjarbaru meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai upaya pengembangan smart city atau kota cerdas di kota itu.

Diketahui aplikasi Idaman Banjarbaru dalam genggaman adalah aplikasi yang terintegrasi beberapa dinas bidang pelayanan seperti Disdukcapil Polres, termasuk PT Angkasa Pura untuk info penerbangan.

Kemudian, Dinas PUPR, DPMPTSP, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, LAPOR, PPID, CCTV kota Banjarbaru dan aplikasi siap KK yang melayani permohonan pembuatan akte kependudukan. Aplikasi juga berfungsi memudahkan pelayanan bagi masyarakat karena bisa diakses melalui handphone atau android, mulai dari urusan pelayanan tingkat RT dan RW hingga tingkat birokrasi pemerintahan.

Pembuatan aplikasi hingga mampu terintegrasi membutuhkan waktu selama satu tahun sejak almarhum Johan Arifin memimpin Diskominfo Kota Banjarbaru dan dikembangkan hingga sekarang. “Harapan kami, masyarakat bisa menggunakan aplikasi mengakses seluruh informasi Kota Banjarbaru melalui aplikasi yang sudah tersedia sehingga bisa mengetahui setiap perkembangan,” kata Walikota Nadjmi.

Launching aplikasi ini juga bersamaan dengan didaulatnya Sandi sebagai pembicara Talkshow Literasi Smart City Banjarbaru dengan mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Usaha Ekonomi Kreatif Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Smart City”.

Di ajang ini, Sandiaga memaparkan tentang pengalamannya dalam dunia usaha terutama ditengah revolusi industri yang sedang berjalan ini. Selain Sandiaga Uno, Pembicara dalam Literasi Smart City ini yaitu Dekan Fakultas Teknik ULM, Dr. Bani Noor Muchamad, S.T., M.T. dengan Materi Peran Academy Dalam Unsur ABCGM (Academy, Business, Community, Government, and Media). dan Badan Siber dan Sandi Negara, Brigjen. TNI Bondan Widiawan, S.Kom, M.Si., dengan materi Keamanan Data dan Informasi Pribadi.(rico)

Reporter : Rico
Editor : Chel

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->