Connect with us

Bisnis

LPJK Kalsel Tingkatkan Kompetensi Pekerja Kontruksi

Diterbitkan

pada

Pengurus LPJK Kalsel saat memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis PJTBU Ketua LPJK Kalsel Subhan Syarief Foto : Arief Rahman

BANJARMASIN, Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) Kalsel terus meningkatkan kompetensi SDM pelaku jasa kontruksi di Banua. Upaya itu diantaranya dengan menggelar Bimbingan Teknis Penanggungjawab Teknik Badan Usaha (PJTBU) kepada 30 tenaga ahli kontruksi, Kamis (15/11/2018), di Aula LPJK Kalsel Banjarmasin.

“Kegiatan bimbingan teknis seperti ini memang rutin kita gelar. Bahkan kami targetkan hingga akhir tahun 2018 nanti, peserta yang sudah mengikuti bimbingan teknis bisa tembus hingga 100 orang,” tegas Ketua Panitia Kegiatan Reson Manurung.

Dengan adanya bimbingan teknis, diharapkan para peserta mampu meningkatkan kemampuan dalam administrasi kontrak, persiapan pelaksanaan proyek, pelaksanaan proyek konstruksi, manajemen logistik proyek konstruksi, manajemen perusahaan, perpajakan, akuntansi, arus kas, operasi dan pemeliharaan peralatan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan penerapan K3 dalam proyek konstruksi.

“Semua hal tersebut sangat penting dimiliki oleh para tenaga ahli kontruksi di Kalsel. Karena sangat keterkaitan dengan persaingan sumber daya manusia di bidang kontruksi yang kian kompetitif sekarang, karena banyaknya SDM luar yang mulai memasuki pasar Kalsel,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua LPJK Kalsel Subhan Syarief menambahkan, seluruh peserta diklat di LPJK Kalsel akan dimasukkan dalam data base yang terkoneksi dengan aplikasi Gomaskon.

Aplikasi Gomaskon merupakan aplikasi asli yang dikembangkan LPJK Kalsel bertujuan memfasilitasi SDM jasa kontruksi di Kalsel dengan masyarakat yang ingin menggunakan jasa mereka melalui sistem online.

“Sudah banyak tenaga ahli kontruksi yang bergabung dalam aplikasi ini. Bahkan kita akan terus mengembangkan aplikasinya agar bisa terkoneksi juga dengan penyedia bahan bangunan,” pungkasnya. (arief)

Reporter : Arief
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!