Connect with us

HEADLINE

Liburan Akhir Tahun ke Bali Wajib Bawa Hasil Swab dan Rapid Antigen

Diterbitkan

pada

Pertunjukan tari menjadi jualan wisata di Pulau Bali. Foto: aditya agarwal from Pexels

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut ada peraturan khusus untuk masyarakat yang ingin liburan akhir tahun ke Bali.

Masyarakat diwajibkan untuk menyertakan hasil tes usap atau swab H-2 sebelum keberangkatan dengan menggunakan pesawat.

“Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali,” ujar Luhut dalam keterangannya yang ditulis, Selasa (15/12/2020).

Untuk mengatur mekanismenya, Luhut meminta Menkes, Kepala BNPB, dan Menhub untuk segera mengatur prosedurnya terkait peraturan tersebut.
“Saya minta hari ini SOP untuk penggunaan rapid tes antigen segera diselesaikan,” ucapnya.



 

Selain itu, Mantan Kepala Staf Presiden ini meminta kepada kepala daerah, untuk memastikan pelaksanaan isolasi terpusat dan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

“Pemerintah daerah saya minta juga mengetatkan pembatasan sosial berdasarkan konteks urban dan suburban/rural,” imbuhnya.

Dalam konteks urban atau perkotaan, lanjutnya, pemerintah daerah diminta untuk mengetatkan implementasi Work From Home (WFH) dan pembatasan jam operasi tempat makan, hiburan, mal sampai pukul 8 malam.

Sementara itu, untuk di wilayah pedesaan, pemerintah daerah diminta untuk memperkuat implementasi pembatasan sosial berskala mikro & komunitas. (suara.com)

Reporter : suara.com
Editor : KK

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->