Lagi, Jurnalis Kanalkalimantan dan ACT Kalsel Terjun Aksi Kemanusiaan ke Palu - Kanal Kalimantan
Connect with us

ACT KALSEL

Lagi, Jurnalis Kanalkalimantan dan ACT Kalsel Terjun Aksi Kemanusiaan ke Palu

Diterbitkan

pada

Jurnalis Kanalkalimantan (dua kiri) bersama ACT Kalsel dan jurnalis lainnya berangkat ke lokasi bencana gempa tsunami Palu, Sulteng. Foto : act kalsel

BANJARBARU, Penanganan pasca bencana gempa dan tsunami yang menerjang kota Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah, masih sangat diperlukan. Hingga saat ini bantuan logistik masih terus mengalir dari berbagai pihak membantu para korban.

Salah satu yang terus melakukan recovery pasca bencana dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT), kali ini mengirim sejumlah jurnalis media lokal di Kalimantan Selatan, di antaranya jurnalis Kanalkalimantan.com, Rabu (31/10) sore.

Jika sebelumnya, ACT Kalsel telah mengirimkan sebanyak 3 buah truk bantuan logistik pada awal bulan Oktober lalu dan pada Minggu (28/10) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin lewat pengiriman 3 buah truk logistik ke Samarinda, Kalimantan Timur Tiga jurnalis dari media cetak Radar Banjarmasin dan media daring Kanal Kalimantan.com dan Berita banjarmasin diberangkatkan menuju ke lokasi bencana.

Marketing Komunikasi ACT Kalsel Retno Sulisetiyani menjelaskan, tiga jurnalis yang diberangkatkan menuju kota Palu nantinya akan menyaksikan secara nyata kondisi terkini wilayah terdampak bencana, agar dapat menginfomasikan dan mempublikasikan hal tersebut kepada masyarakat.

“Tiga orang jurnalis Rico Purba dari Kanal Kalimantan, Wahyu dari Radar Banjarmasin dan Ariyanto dari Beritabanjarmasin kita kirim. Tujuannya agar bukan hanya ACT saja yang terlibat tapi sebagai media partner ACT dapat memberikan gambaran nyata apa yang dibutuhkan masyarakat Palu dan Donggala,” ungkapnya di Bandara Syamsudin Noor, sebelum bertolak ke Palu, di Bandara Syamsudin Noor.

Retno juga menambahkan tugas ke lokasi bencana sebagai panggilan kemanusian dan rekan-rekan media bisa hadir di tengah masyarakat yang terkena dampak bencana.

Tim jurnalis kemanusiaan ini akan berada di Provinsi Sulawesi Tengah selama 5 hari, mengikuti serangkaian kegiatan ACT Kalsel di Sulteng. Seperti distribusi penyaluran bantuan di Posko Palu Barat (Balaroa), Palu Selatan dan Palu Timur (Petobo), Sigi, Donggala serta serah terima bantuan dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina ke ACT di posko induk dan sebagainya.

Perlu diketahui, kota Palu saat ini tengah memasuki fase recovery setelah baru saja melewati fase emergency. Sejumlah program telah dilakukan ACT Kalsel selama dalam fase emergency seperti ICS (Integrated Community Shelter) alis Hunian Sementara Terintegrasi. ICS sekarang sudah ada di dua titik, di Palu dan di Sigi, lalu ada juga dapur umum, layanan kesehatan, trauma healling dan penyediaan air bersih.

Sebelumnya, Kanalkalimantan.com dan ACT Kalsel juga melakukan misi kemanusiaan ke Lombok. Direktur Kanalkalimantan.com Abi Zarrin Alghifari mengatakan, keberangkatan Kanalkalimantan.com ke Palu dan Lombok merupakan wujud komitmen perusahaan pada misi-misi kemanusiaan. Sebagaimana dijalin dengan tim ACT Kalsel melalui sejumlah kegiatan beruapa penggalangan bantuan, maupun aksi solidaritas lainnya.

“Ini menjadi bagian dari aksi nyata media. Dimana situasi kemanusiaan harus kami sampaikan terutama di lokasi yang sedang mengalami bencana seperti Lombok mapupun Palu. Demikian juga dengan bencana maupun solidaritas kemanusiaan yang terjadi di Kalsel. Inilah wujud bahwa kita bisa bersatu untuk saling meringankan beban sesama,” kata Abi.

Abi mengatakan, tak hanya untuk Palu dan Lombok,  Kanalkalimantan.com akan terus terlibat dalam berbagai aksi kemanusiaan di daerah lainnya. Baik melalui pemberitaan, maupun secara langsung mengirim reporter atau perwakilan untuk terlibat aksi recovery pasca bencana. (rico/Actkalsel)

Reporter: Rico/Actkalsel
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 25
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan