Connect with us

Kabupaten Kotabaru

Lagi, Aliansi LSM Unjuk Rasa di PT SDO terkait Pembuangan Limbah

Diterbitkan

pada

Demo yang digelar aliansi LSM di PT SDO Kotabaru Foto: muhammad

KANALKALIMANTAN.COM, KOTABARU – Perusahaan pabrikan minyak goreng PT Sime Darby Oils (SDO) kembali didatangi puluhan pengunjuk rasa aliansi LSM dan aktivis Kabupaten Kotabaru, Selasa (21/9/2021), Kedatangan mereka terkait dugaan pembuangan limbah ke laut yang berdampak negatif bagi penghasilan nelayan.

Meskipun diiringi hujan lebat, pendemo tetap bertahan menyampaikan aspirasinya di depan kantor SDO di Jl Raya Stagen, Desa Sungai Taib, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru. Aksi serupa juga telah dilakukan beberapa hari lalu oleh LSM gabungan Kotabaru.

Muhammad Akbar, selaku koordinator lapangan menyampaikan kepada kanalkalimantan.com, kedatangan pihaknya menuntut tiga hal. Yakni usut tuntas dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan PT SDO, meminta penegak hukum melakukan penyelidikan, dan meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru agar mengumumkan hasil sampel yang diambil sebelumnya.

“Jujur saja kami merasa kecewa, karena saat ingin masuk ke dalam kawasan perusahaan dalam rangka melihat secara langsung pembuangan limbah perusahaan ditolak,” jelasnya.



Baca juga : Tanam Bibit Buah di Wisata Pulau Telo, Ini Kata Waket DPRD Kapuas

Padahal sebelumnya, ada aksi serupa yang dilakukan oleh beberapa LSM Kotabaru yang diizinkan masuk mengambil sampel air di area kolam penampungan PT SDO.

“Tujuan kami hanya ingin melihat langsung dimana mereka membuang limbahnya. Namun, tidak di izinkan pihak manajemen,” tegasnya.

Kapolsek Pulau Laut Utara, Iptu Yacob Sihasale menyampaikan, pihaknya hanya mengamankan jalannya aksi dan tentunya berharap tidak terjadi apa-apa dan situasi kamtibmas akan selalu terjaga dengan baik.

“Kita berharap aksi yang mereka jalankan berlangsung aman dan damai sehingga tidak mengganggu kegiatan masyarakat lainnya. Kami disini hanya sebatas membantu menjaga kondusifitas daerah,” ujarnya.

Sementara perwakilan PT SDO belum memberikan pernyataan terkait permasalahan tersebut. (Kanalkalimantan.com/muhammad)

Reporter : muhammad
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->