Kunjungi Pulpis, Brigjen Pol Mamboyng Ajak Lawan Paham Radikalisme - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Pulang Pisau

Kunjungi Pulpis, Brigjen Pol Mamboyng Ajak Lawan Paham Radikalisme

Diterbitkan

pada

Susilo I Tamin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra merima buku Bela Negara dari Sekretaris VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Brigjen Pol Drs Mamboyng. Foto : dedy sanjaya

PULANG PISAU, Menangkal berbagai ancaman dari luar yang dapat mengganggu stabilitas negara dikatakan Sekretaris Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenkopolhukam Brigjen Pol Drs Mamboyng haruslah dilawan dengan pengamalan tentang faham Pancasila.

Hal itu dikemukakan polisi bintang satu ini saat menjadi nara sumber sosialisasi wawasan kebangsaan dihadapan sejumlah perwira Polisi, TNI, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan agama di aula kantor Bupati Pulag Pisau, Kamis (20/9).

“Bangsa ini sedang diserang melalui dua pintu besar yang jika dibiarkan dapat menggangu ketahanan bangsa. Pertama adalah pengaruh budaya luar yang negatif, seperti aksi terorisme, narkoba, sex bebas, kejahatan trans internasional, dan lain-lain. Kedua adalah doktrin akan paham radikalisme yang bersembunyi dibalik komunitas yang ada di dalam bangsa ini. Ini aksi bela jadi pekerjaan bersama,” ujar Brigjen Pol Mamboyng yang diamini semua peserta.

Mengenakan baju putih, Mamboyng duduk didampingi Asisten I bidangi Pemerintahan dan Kesra Susilo I Tamin, Wakapolres Pulang Pisau Kompol Endro Ariwibowo SIk dan Mayor Inf Mulyadi Pabung 1011 KLK, Kepala Kesbangpol Pulpis Ir Swady. Deputi VI kemenpolhukam sempat mengajak ratusan peserta untuk menggelorakan yel-yel bela negara sebagai wujud dari praktek menanamkan semangat Pancasila dan cinta NKRI.

Wakapolres Pulang Pisau Kompol Endro Ariwibowo SIk menyebut, jika tema-tema yang disampaikan sangat mudah di tangkap dan diamalkan. Menurut Endro, tugas membela negara tidak hanya tugas polisi dan tentara saja, dalam Undang-Undang semua warga negara berhak ikut membela negara dengan caranya masing-masing.Jika di tarik pada lingkup Pulang Pisau, hidup dengan menjaga keamanan sekitar, dikatakan Endro, termasuk dalam kategori bela negara.

“Jadi kita semua ini punya tanggung jawab peran yang sama besar dalam bela negara. Misalnya kalau di Pulang Pisau dengan ikut menjaga toleransi, menjaga keamanan sekitar itu juga masuk upaya penting dalam bela negara karena masuk dalam pengamalan Pancasila,” ungkapnya.

Terpisah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pulang Pisau Susilo I Tamin mengaku senang dengan kehadiran dari perwakilan Kemenkopolhukam. Dikatakan Susilo, tema bahasan yang disampaikan jenderal bintang satu tersebut berisikan materi yang kekinian dan jika di aplikasikan akan mampu melawan paham radikal yang selama ini kerap menjadi bahasan di pemberitaan.

“Kita berharap kedepannya akan sering arahan-arahan seperti ini di Pulang Pisau dengan peserta yang di hadirkan dari berbagai kalangan. Nantinya ilmu dan paparan yang diberikan tentu akan mampu diamalkan pada orang lain sehingga wikayah Pulang Pisau ini dapat terhindar dari rencana dari pihak-pihak yang ingin merusak keharmonisan yang ada,” ungkap Susilo. (sjy)

Reporter : Sjy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan