Connect with us

RELIGI

Kukuhkan PPIH Embarkasi Banjarmasin, Sekda Usul Garuda Gunakan Produk Lokal

Diterbitkan

pada

Sekdaprov Kalsel Haris Makkie saat mengukuhkan PPIH Embarkasi Banjarmasin Foto : rico

BANJARBARU, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin tahun 1440 H/ 2019 M dikukuhkan Sekdaprov Kalsel H. Haris Makkie, Jum’at (21/6) di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru. Pengukuhan dilaksanakan sebagai bentuk keabsahan dan legalitas PPIH Embarkasi Banjarmasin untuk melaksanakan tugas penyelenggaraan ibadah Haji yang rencananya akan dimulai 8 Juli 2019 nanti.

Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil ) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H Noor Fami mengharapkan, dengan pengukuhan tersebut PPIH Embarkasi Banjarmasin bisa bekerja maksimal untuk menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji jalur Embarkasi Banjarmasin.

“Kita ingin pelayan haji tahun 1440 H/ 2019 M  lebih baik dari tahun- tahun sebelumnya, karenanya siapapun yang masuk PPIH Embarkasi Banjarmasin harus siap mengemban tugas,” katanya.

Mengemban tugas nasional sebagai bagian dari penyelenggaraan ibadah haji, Ka.Kanwil mengimbau PPIH agar meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait, karena trend permasalahan penyelenggaan ibadah haji dari tahun ke tahun cenderung bertambah berat dan tentunya memelukan kesiapan yang lebih matang.

“PPIH harus fokus memberikan perhatian, pemikiran dan kerja keras bagi jemaah haji, dari mulai masuk asrama dan diberangkatkan keesokan harinya sampai dengan tiba akhirnya pada pemulangan nanti,” pesannya kepada 23 orang PPIH Embarkasi Banjarmasin yang dikukuhkan.

Harapan yang sama disampaikan Direktur Bina Umrah dan Haji khusus Direktorat Jenderal  Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI yang meminta agar jajaran PPIH Embarkasi Banjarmasin  dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tanggung jawab kepada jemaah haji.

Menurutnya Kemenag, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi untuk menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji dan inovasi tersebut harus didukung PPIH di Embarkasi sebagai bagian dari penyelenggara ibadah haji.  “Semoga selalu diberi kesabaran, kekuatan dan kemeudahan dalam melaksanakan tugas,” tukasnya.

Pengukuhan PPIH Embarkasi Banjarmasin diakhiri dengan peninjauan oleh Sekeretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalsel, Drs Abdul Haris, M.Si, terhadap standarisasi makanan (Test Meal) yang disajikan dari Garuda Indonesia selaku maskapai peerbangan yang akan melayani jemaah haji Embarkasi  Banjarmasin.

Abdul Haris mengusulkan, maskapai penerbangan Garuda dapat memanfaatkan produk lokal Kalsel yang sudah terjamin higenisnya dan terdaftar di BPOM. “Sehingga kita secara tidak langsung memberdayakan para pengusaha kecil menegah di Kalsel. Kue lokal kita juga bisa dipilih, jadi itu yang saya minta pihak garuda dapat mempertimbangkannya,” harapnya.

Perlu diketahui, untuk total jemaah haji yang akan diberangkatkan ada sebanyak 4155 dan termasuk petugas pendamping haji. Rencananya, lloter pertama ibadah haji rencana akan dijadwalkan 8 Juli 2019, namun masih bisa berubah karena adanya kloter tambahan.(rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->