Connect with us

Politik

KPU Banjarmasin Lantik Relawan Pemilu untuk 10 Basis Pemilih

Diterbitkan

pada

KPU Banjarmasin melantik relawan pemilu secara serentak Foto : mario

BANJARMASIN, KPU Kota Banjarmasin baru saja melantik Relawan Demokrasi Pemilu serentak 2019, bertempat di Hotel Tree Park, Banjarmasin, Jumat (18/1) pagi. Ada 55 relawan yang dilantik masing-masingnya mewakilkan basis dari berbagai elemen masyarakat.

Ada 10 basis yaitu yang disasar yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan, dan warga internet (warganet).

Komisioner etua KPU Kalsel, Khairunnizan mengungkapkan bahwa pelantikan ini merupakan arahan dari KPU RI agar seluruh KPU kabupaten/kota melakukan perekrutan. Tentunya upaya ini juga dalam rangka meningkatkan partisipasi dan pemilih yang berkualitas.

Berdasarkan target, secara nasional diharapkan 77,5 persen partisipasi masyarakat ikut dalam memilih. Sedangkan untuk kota Banjarmasin sendiri menargetkan 70 persen. Hal ini juga dikarenakan pada pemilu sebelumnya Banjarmasin hanya mencapai tingkat partisipan mencapai 60- 65 persen.

Dalam tiga bulan ke depan, relawan yang dilantik ini akan berfokus pada kegiatan yang berhubungan dengan pemilu. Khairunnizan berharap agar semua relawan mampu memberikan yang terbaik dalam mensosialisasikan masyarakat. “Berkreativitas (dalam mensosialisasikan) sehingga pemilu ini menjadi perhatian masyarakat. Sehingga target pemilih meningkat,” harapnya.

Ketua KPU Banjarmasin mengakui bahwa proses dari pembukaan pendaftaran hingga pelantikan ini merupakan sistem kejar tayang. Dari tanggal 11 Januari lalu KPU membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin menjadi relawan. Dilanjutkan pada tanggal 17 Januari proses seleksi dan wawancara. Dari 82 pendaftar, terpilihlah 55 relawan yang kemudian setelah dilantik akan langsung diberikan bimbingan teknis untuk pembekalan ke lapangan.

Divisi Kampanye KPU Banjarmasin, M Syarifudin Akbar selaku divisi yang menjalankan proses seleksi ini juga menambahkan bahwa dari 55 orang ini, 10 orangnya memegang satu basis. “Nah limanya ini ditambahkan ke beberapa basis yang sudah ada itu,” jelasnya.

Selain berharap agar relawan ini bisa bekerja semaksimal mungkin berdasarkan basis masing-masing demi merangkul masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu, Syarifudin Akbar juga ingin agar relawan berkomitmen dalam tugasnya dan tidak ada yang mengundurkan diri selama masa tugas.

“Sebelum seleksi, kami pengarahan dulu kan agar yang bekerja jangan mundur. Bagaimana pun harus komitmen. Mudah-mudahan tidak ada yang mundur. Misalnya pun ada, kita coba ambil dari cadangan. Tapi mudah-mudahan jangan,” ungkapnya.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share