Connect with us

Politik

KPU Banjarmasin Lantik 171 Anggota PPS dan PPK, 30% Diisi Perempuan

Diterbitkan

pada

KPU Banjarmasin melantik anggota PPK dan PPS se Banjarmasin. Foto: Ammar

BANJARMASIN, Berbagai persiapan menjelang kontestasi politik melalui ajang pemilu telah dilakukan oleh KPU Banjarmasin. Pasca melakukan serangkaian seleksi untuk merekrut anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Selasa (6/3), meraka melantik anggota terpilih.

Sebanyak 171 anggota PPS dan PPK dilantik Ketua KPU Banjarmasin, Bambang Budiyanto di Aula Kayuh Baimbai. Pelantikan tersebut juga mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Hermansyah yang hadair pada kegiatan itu, lantaran 30 persen diantara anggota PPS dan PPK adalah perempuan.

“Saya sangat bangga dengan telah dilantiknya PPS dan PPK tahun ini, karena lebih 30 persen diisi wanita. Ini jumlah PPS dan PPK wanita terbanyak sepanjang sejarah kota ini,” ujar Hermansyah.

Dengan terpenuhinya struktur pelaksana pemilu di lapangan, Hermansyah berharap penyelenggaraan Pemilu dapat berlangsung sukses. “Saya yakin dan percaya, bapak dan ibu sekalian anggota PPS dan PPK yang diambil sumpahnya dan dilantik pada hari ini, sudah memahami peran, pungsi, tugas serta kewenangannya,” ucapnya.



Dalam kegiatan yang juga dihadiri Sekda H hamli Kursani, Sekretaris KPU Banjarmasin Husni Tamrin, para Camat se Kota Banjarmasin itu, Ketua KPU Banjarmasin, Bambang Budiyanto mengatakan para PPS dan PPK telah melewati serangkaian tahapan tes sebelum dilantik. “Mereka hasil proses seleksi dari ratusan calon yang berminat jadi panitia adhoc, dan mereka telah mengikuti tes tertulis dan wawancara, hingga akhirnya dinyatakan lulus kemudian  dilantik,” terangnya.

Seleksi anggota PPS dan PPK ini, jelasnya, merupakan tahapan ketiga dari rangkaian kegiatan persiapan Pemilu tahun 2019 yang telah dilakukan KPU Banjarmasin. “Pembentukan panitia ini sesuai dengan tahapan Pemilu, dan dengan pelantikan ini berarti kami telah melaksanakan 3 tahapan Pemilu. Dan kami siap melaksanakan tahapan kegiatan berikutnya hingga Pemilu tanggal 19  April 2019 nanti,” terangnya.

Bambang berharap, seluruh anggota PPS dan PPK yang telah dilantik dapat bekerja dengan penuh disiplin, dan loyalitas yang tinggi sesuai dengan UU yang berlaku.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi, Sukadji Budiharjo mengingatkan, para anggota PPS dan PPK yang baru dilantik agar benar-benar mempersiapkan diri dalam melaksanakan tugasnya. Sebab dalam Pemilu tahun ini ada 5 kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya Pemilu DPRD Kota, Pemilu DPRD Provinsi, Pemilihan anggota DPD RI dan Pemilu Pilpres.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan agar para ASN di seluruh kota berjuluk seribu sungai untuk bersikap netral serta dapat bertindak adil terhadap semua kontestan Pemilu.(ammar)

Reporter: Ammar
Editor: Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->