KPU Banjar Melenggang Mulus di Tahapan ke-9 Pemilu 2019 - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

KPU Banjar Melenggang Mulus di Tahapan ke-9 Pemilu 2019

Diterbitkan

pada

Penetapan DCS oleh KPU Banjar tidak ada laporan komplain dari masyarakat. Foto: net

MARTAPURA, Setelah berakhirnya tahapan ke-9, yakni masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS anggota DPRD Kabupaten Banjar, tidak ada satupun masyarakat yang mendatangi KPU Kabupaten Banjar untuk menyampaikan keberatan, Rabu (22/8).

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar Muhaimin SAg, setelah sebelumnya pada tahapan masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS caleg, tanggal 12-21 Agustus tidak ada satupun warga yang datang menyatakan komplaint atau aspirasi atas pencalegan.

“Hingga hari terakhir tanggal 21 Agustus, tidak ada satupun respon dan tanggapan masyarakat yang datang untuk menyampaikan aspirasinya ke KPU Banjar itu artinya, hingga saat ini keadaan berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Pada ditahapan ke-9 tersebut KPU Banjar sudah memperlihatkan profil masing-masing DCS di setiap dapil (Daerah Pemilihan) hingga diketahui warga di Kabupaten Banjar. KPU Banjar telah melakukan menyebaran informasi DCS tersebut melalui media cetak dan elektronik, sehingga diharapkan melalui sebaran informasi DCS tersebut bila ada tanggapan dan pandangan masyarakat bisa melapor ke KPU Banjar.

Sementara itu, dipastikan Muhaimin dari tahapan sebelumnya dari sebanyak 581 orang peserta Bacaleg dari 16 parpol peserta Pileg 2019 di Kabupaten Banjar. Sudah dipastikan semua akan lanjut mengalir ketahapan selanjutnya, kecuali ada permasalahan bacaleg dari parpol yang bersangkutan mengundurkan diri atau meninggal dunia.

“Jadi bisa saja jumlah Bacaleg dari sebanyak 581 orang tersebut berubah angkanya jika yang bersangkutan ada yang mengundurkan diri atau meninggal dunia, sehinggi di gantikan oleh parpolnya yang bersangkutan,” pungkasnya.

Perlu diketahui adapun jumlah masing-masing Bacaleg yang akan Bertarung di masing-masing Dapil nanti, untuk Dapil Banjar 1 sebanyak 115 orang, Dapil Banjar 2 sebanyak 115 orang, Dapil Banjar 3 sebanyak 100 orang, Dapil Banjar 4 sebanyak 117 Bacaleg dan Dapil Banjar 5 sebanyak 101 Bacaleg.

Dari DCS yang sudah diumumkan KPU Banjar, Bacaleg PKB yang dinyatakan memenuhi persyaratan sebanyak 45 orang, Gerindra sebanyak 45, PDIP sebanyak 43, Partai Golkar sebanyak 45, Partai Nasdem sebanyak 44, dan Partai Garuda ada 23 orang.

Lalu ada Partai Berkarya yang dianyatakan memenuhi syarat sebanyak 29 Bacaleg, PKS sebanyak 27 Bacaleg, Partai Perindo ada 43, PPP ada 44, PSI ada 8, PAN ada 39, Partai Hanura ada 35, Partai Demokrat ada 44, PBB ada 29 dan PKPI ada 5 orang. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan