KPH Kusan Gelar Sosialisasi dan Fasilitasi PS di Desa Jombang - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

KPH Kusan Gelar Sosialisasi dan Fasilitasi PS di Desa Jombang

Diterbitkan

pada

Tim Percepatan PS KPH Kusan gelar fasilitasi perhutanan sosial di Desa Jombang. Foto: Dishut

BANJARBARU, Tim Percepatan PS KPH Kusan yang dikomandoi Kasi Pemanfaatan, KRPH Satui, Penyuluh dan Bakti Rimbawan kembali melaksanakan kegiatan fasilitasi perhutanan sosial di desa Jombang Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Tim juga memberikan sosialisasi tentang Perhutanan Sosial kepada Pemerintah Desa, tokoh-tokoh masyarakat serta lembaga-lembaga desa yang ada di desa jombang dengan skema lembaga pengelola hutan desa (LPHD).

Alhamdulillah, setelah diberi pembekalan pentingnya keberadaan pengelola hutan desa, masyarakat dan warga desa jombang menyambut baik pengelolaan hutan desa yang berada di desa jombang dengan fungsi hutan produksi terbatas seluas 515 ha. Kegiatan dilanjutkan dengan pengcekan lokasi calon areal perhutanan sosial di wilayah administrasi desa jombang, dengan lahan berupa semak belukar sudah terbuka dan juga akses jalan yang mudah dijangkau.

Masyarakat menyepakati untuk mengajukan usulan perhutanan sosial melalui skema HUTAN DESA, permohonan pembentukan lembaga pengelola hutan desa jombang prima asri dan susunan pengurus telah terbentuk pada saat sosialisasi. Berdasarkan luas administrasi Desa jombang yang kami dapat dari Tapem Kabupaten Tanah Bumbu seluas 13.718 ha, terdiri dari HPT seluas 1.209 ha, HP seluas 10.213 ha dan APL seluas 2.296 ha.

Namun dari pengakuan tokoh masyarakat Desa Jombang luas administrasi desa jombang kurang lebih 27 ribu ha, perlu diadakan koordinasi antara desa tetangga yaitu Desa Mangkalapi dan dilanjutkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk mendapatkan penetapan administrasi desa dimaksud.

Berdasarkan luasan Desa Jombang, terdapat jasling berupa air terjun dengan luas administrasi seluas 27ribu ha yang rencana peninjauan lapangan akan dilaksanakan hari sabtu tanggal 1 sept 2018. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu percepatan perhutanan sosial di Kalimantan Selatan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dengan skema LHPD atau pun HD.(rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan