Komisi X DPR Apresiasi Kids Library dan Ruang Ramah Disabilitas di Perpusda Palnam - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Komisi X DPR Apresiasi Kids Library dan Ruang Ramah Disabilitas di Perpusda Palnam

Diterbitkan

pada

Komisi X mengapresiasi ruang ramah disabilitas di Perpusda Palnam Foto: ist

BANJARMASIN, Langkah Dinas Perpustakaan Daerah dan Arsip (Dispersip) Kalsel melakukan pembenahan Perpustakaan Daerah Kalsel (Perpustakaan Palnam) agar lebih ramah anak dan penyandang disabilitas mendapatkan apresiasi Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah.

Di sela kunjungan ke Perpusda Palnam, Kamis (1/11), Hetifah mengatakan salut dengan upaya yang dilakukan Kadispersip Kalsel. Didampingi Sekretaris Dispersip Kalsel M Ramadhan, Hetifah melihat langsung progres pengerjaan pelebaran ruang anak (Kids Library) dan pemugaran Perpustakaan Palnam.

Seperti diketahui saat ini pemugaran Perpustakaan Palnam sedang dilakukan untuk membuat ruang-ruang perpustakaan lebih ramah terhadap penyandang disabilitas. “Kita lihat ada progres pembangunan di sini, khususnya buat lebih ramah penyandang disabilitas. Ini perlu diseriusi dan didukung karena memang sudah jadi komitmen Perpustakaan Nasional untuk hal itu,” katanya.

Hetifah berhatap ke depan perpustakaan bisa dijadikan wadah bagi siapapun untuk berkarya. Bukan hanya oleh mereka yang normal, tetapi juga penyandang disabilitas. “Kalau perlu nanti yang pengangguran juga bisa mencari inspirasi di perpustakaan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Dispersip Ramadhan menjelaskan, pihaknya akan terus menggenjot upaya pemugaran Perpustakaan Palnam agar lebih ramah penyandang disabilitas dan anak-anak.

Renovasi dilakukan karena kondisi beberapa bagian bangunan mulai mengalami kerusakan. Adapun layanan yang masih bisa dilakukan hanya pengembalian buku dan pembuatan kartu tanda anggota, serta ruang perpustakaan anak yang tetap buka. Sementara layanan peminjaman buku, mulai Selasa 16 Oktober 2018 diarahkan ke Perpustakaan Dispersip Kalsel di Jalan Kapten Piere Tendean, seberang siring Menara Pandang, Banjarmasin.

Pemberitahuan pemindahana layanan peminjaman buku tersebut disampaikan Diseperip Kalsel untuk seluruh masyarakat yang ingin mengunjungi perpustkaan Palnam. “Saat ini perpustakaan Palnam hanya melayani pengembalian buku dan pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA). Sedangkan untuk ruang baca diarahkan ke gazebo yang berada di kiri dan kanan perpustakaan Palnam serta di taman belakang,” ujar Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie.

Saat ini para pekerja bangunan melakukan lembur agar renovasi ini berlangsung cepat, sehingga tidak ada lagi kendala yang dirasakan pengunjung Palnam. Ada pun bangunan yang direnovasi adalah lantai 1 bagian depan dan belakang, ruang layanan referensi di lantai 2, dan ruang layanan umum di lantai 3.(mario)

Reporter: Mario
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan