Kirab Satu Negeri GP Ansor Melintasi Kabupaten HSU - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Kirab Satu Negeri GP Ansor Melintasi Kabupaten HSU

Diterbitkan

pada

Kegiatan nasional Kirab Satu Negeri yang diadakan GP Ansor, berlangsung selama 4 hari, 22-25 September 2018. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang HSU menjadi tuan rumah kegiatan nasional Kirab Satu Negeri yang diadakan GP Ansor, berlangsung selama 4 hari, 22-25 September 2018.

Rombongan Kirab Satu Negeri tiba di Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah (RAKHA) Amuntai, Minggu (23/9) sekitar pukul 09.00 Wita. Disambut langsung Ketua Yayasan Ponpes Rasyidiah Khalidiah, ustadz-ustadzah bersama santri, santriawati Ponpes Rakha sembari melantunan shalawat dan sinoman hadrah.

Ketua Ponpes Rasyidiah Khalidiah Dr HA Hasib Salim mengucapkan, terimakasih atas kedatangan rombongan Kirab Satu Negeri yang dikomandokan oleh Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Jakarta.

“Semoga kegiatan ini memberikan semangat bagi kita, bagaimana kita bersama menjaga NKRI dan menjaga Indonesia ini,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Densus 99 Pimpinan Pusat GP Ansor Habib Muhammad Nurruzzaman menuturkan, inisiasi dari gerakan ini bertujuan untuk mengkokohkan konsesus nasional bangsa Indonesia yakni Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

“Menguatakan fungsi agama sebagai rahmat dan sumber perdamaian menjadikan Indonesia sebagai inspirasi bagi dunia dalam hal kemajemukan dan kedamaian,” terangnya.

Lebih lanjut, Habib Nuruzaman juga beranggapan bahwa saat ini adanya ancaman dari pihak-pihak yang menggunakan nama agama sebagai alat politik dan menjadikan agama sebagai sumber konflik.

Rombongan Kirab Satu Negeri langsung berziarah menuju makam pendiri Ponpes Rasyidiah Khalidiah yaitu KH Abdul Rasyidah sekedar mengambil berkah agar Kirab Satu Negeri berjalan dengan lancar, aman damai dan tenteram.

Usai berziarah ke makam pendiri Ponpes Rakha rombongan Kirab Satu Negeri smenuju ikon Tugu Itik Amuntai untuk deklarasi dan bersilaturahmi dengan Bupati HSU di Mess Negara Dhipa. Sekaligus penyerahan bendera Merah Putih kepada Bupati HSU H Abdul Wahid didampingi Sekda HSU.

“Dengan semboyan kami siap mengibarkan bendera Merah Putih di bumi antasari, Kirab Satu Negeri kita sama cinta Indonesia”.

Bupati HSU H.Abdul Wahid mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan Kirab Satu Negeri di Kabupaten HSU karena 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan termasuk pelintasan Kirab Satu Negeri ini.

“Kirab satu negeri ini sebagai gerakan kampanye silaturrahmi, karena kita ingin menyatukan komponen masyarakat untuk mencintai negeri kita ini,” ujar Wahid.

Ia juga berharap “Kirab Satu Negeri Kita Sama Cinta Indonesia” dapat satu tujuan dengan visi Hulu Sungai Utara yang MANTAP, yaitu agar HSU yang ingin menjadi lebih Maju, lebih Mandiri, Agamis, dan lebih Produktif. (dew)

Reporter: Dew
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan