Connect with us

Karomah

KH Anang Ramli Bati-Bati, Melihat Detail Barang yang Hilang

Diterbitkan

pada

KH Anang Ramli Bati-Bati. Foto : net

Diceritakan KH Mahmud Hashil –seorang ulama murid dari KH Anang Ramli-, pada suatu waktu ada wanita di kampungnya di Teluk Tiram Banjarmasin, kehilangan anting. Keluarga wanita itu pun panik mencari di mana anting yang lumayan mahal itu berada. Setelah sekian lama mencari, anting itu tak juga bisa ditemukan.

Kabar kehilangan anting itu pun kemudian terdengar hingga ke telinga KH Mahmud Hashil yang kala itu masih muda. Oleh beliau, keluarga wanita itu diajak ke Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut, tepatnya ke rumah KH Anang Ramli.

Ketika sampai di sana, dan dikabarkan perihal masalah kehilangan anting tersebut, Mursyid Thoriqoh Qodiriyah itu pun menjelaskan bahwa anting itu berada di sudut, di bawah tempat mandi. Kemungkinan besar anting itu terlepas ketika mandi.

“Dulu, tempat mandi orang kan pakai kayu (ulin). Nah di bawah situlah kata Guru Anang (Ramli) anting itu berada,” ujar KH Mahmud Hashil ketika bercerita.

Setelah ditunjukkan di mana tempat anting itu berada. KH Mahmud dan kerabat wanita itu pun pulang ke kampung halaman. Mereka bergegas mencari kebenaran apa yang dikatakan KH Anang Ramli. Dan alangkah terkejutnya mereka, anting yang hilang itu terlihat nampak di bawah tempat mandi itu sebagaimana yang diisyaratkan KH Anang Ramli.

Wallahua’lam.

(Penulis: Ben Syaifi)

Bagikan berita ini!
  • 19
    Shares