Connect with us

Kanal

Kemenag HSU Selaraskan Bunyi Sirene Saat Berbuka Puasa

Diterbitkan

pada

Upaya penyeragaman sirene buka puasa di HSU Foto: dew

AMUNTAI, Agar ada keseragaman dalam tanda buka puasa, rujukan sirene di seluruh Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berasal dari satu sirene yakni Radio Gema Kuripan (RGK). Hal tersebut disampaikan Ketua MUI Kabupaten HSU KH Said Masrawan Lc saat acara rapat koordinasi yang digelar oleh Kementrian Agama Kabupaten HSU.

Rapat tersebut dilakukan dalam upaya kebersaman penerapan jadwal imsakiyah Ramadhan. Harapannya, untuk kebersamaan dalam menjalankan ibadah puasa. Acara yang digelar di Aula Kementrian Agama Kabupaten HSU, Senin (14/5) ini dihadiri Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi,Lc Kepala Kementrian Agama Kabupaten HSU, DPC Muhamadiyah Kabupaten HSU, Oganisasi Nahdatul Ulama Kabupaten HSU, Pengurus Mesjid Al Jihad, Pengurus Mesjid At Taqwa, pimpinan Radio Gema Kuripan serta undangan lainnya.

Diketahui, selama ini dikabupaten HSU sendiri banyak yang memberikan info Imsakiyah atau waktu sahur dan berbuka puasa melalui beberapa media seperti media Radio Gema Kuripan, Nirwana FM Amuntai, televisi lokal daerah seperti Kominfo, AlmienTV, KariasTV dan Oggi Vision sehingga perlunya keselarasan melalui satu media.

Menurut penyelenggara Syariah, H Taufikurrahman, menuturkan untuk jadwal imsakiyah sudah di buatkan seluruh kabupaten dari provinsi Kalimantan Selatan maka tinggal menyamakan atau menyelaraskan tanda sirene.



“Sementara untuk pembunyian sirene berbuka puasa dan Imsakiyah agar diseragamkan, maka seluruh Kabupaten HSU berpatokan pada sirena Radio Gema Kuripan, terkecuali daerah paminggir yang waktu imsakiyah di tambah 2 menit dikarnakan daerah paminggir mendekati daerah Marabahan” Kata Taufik

Seiring dengan itu, Komisi Fatwa MUI HSU KH. Abdul bari Menyampaikan, jadwal imsakiyah abadi, dengan jadwal imsakiyah yang dibuat tidak jauh berbeda kalaupun berbeda hanyar beberapa detik.

Melihat hal tersebut Wakil Bupati HSU menyetujui atas semua hasil rapat, dengan memberikan kesimpulan, bahwa dalam menentukan patokan imsakiyah di seluruh Kabupaten HSU ditujukan untuk sirene radio gema kuripan, terkecuali untuk daerah paminggir yang di tambah 2 menit dari radio Gema Kuripan.(dew)

Reporter: Dew
Editor: Cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->