Connect with us

HEADLINE

Kebakaran Sungai Tiung Cempaka Hanguskan Enam Rumah Warga

Diterbitkan

pada

Kebakaran di RT 09 Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kebakaran yang terjadi di kawasan permukiman padat penduduk Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Rabu (2/2/2022) malam, mengakibatkan setidaknya ada enam buah rumah warga di makan api.

Bangunan yang terbakar keseluruhannya berstruktur kayu, mengakibatkan api dengan cepatnya merambat ke rumah-rumah warga.

Kapolsek Cempaka, Ipda Subroto Rindang Arie Setyawan mengatakan, setidaknya ada enam buah rumah yang hangus saat kebakaran tadi malam.

“Empat buah hangus terbakar dan dua buahnya bagian depan yang terbakar,” ucapnya.



 

 

Baca juga: Kebakaran di Cempaka, Wali Kota Aditya Tinjau Lokasi Pastikan Korban Dapat Bantuan!

Adapun data warga yang terdampak pertama pemilik Holdan -dua jiwa- dengan luas bangunan sekitar 8×16 m, kondisi hangus terbakar, kontruksi bangunan berupa kayu beratapkan seng, kondisi hangus terbakar.

Selanjutnya rumah yang hangus terbakar milik M Hilmi dengan penghungi dua kepala keluarga yang didalamnya terdapat enam jiwa dan satu balita dengan luas bangunan 8×16 meter.

Kemudian rumah milik Sriwahoni dengan luas bangunan sekitar 6x6m, kondisi hangus terbakar yang berpenghuni tiga jiwa. Dan rumah milik Hidayat Qodri dengan luas bangunan sekitar 6x12m, kondisi hangus terbakar, dimana dalam keadaan kosong

Sementara rumah warga yang bagian depannya terbakar milik Aisyah dengan luas bangunan 5×10 m dihuni satu orang. Teras rumah milik Jama’an dengan luas bangunan 6×12 m dihuni sebanyak tiga jiwa dengan. Kondisi kedua rumah tersebut terbakar hanya bagian depan

Dikatakan Ipda Subroto diperkirakan asal mula titik api berasa dari rumah Sriwahono. “Berdasarkan keterangan sementara berasal dari rumah Sriwahono,” sebutnya.

Untuk sementara kerugian belum bisa dihitung, dalam kejadian kebakaran ini tidak korban jiwa.

Baca juga: Mommy ASF Berbagi Tips Menulis Novel, Ini Kuncinya!

“Penyebab kebakaran masih belum diketahui,” tuntasnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian, oleh Tim Gabungan BPK wilayah Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin meninjau langsung lokasi kebakaran dan turut menyampaikan duka yang mendalam kepada para warga yang terdampak, Rabu (2/2/2022) malam. Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru akan menyalurkan bantuan kepada para korban kebakaran.

“Saya pribadi turut berduka atas musibah yang terjadi. Semoga warga yang terdampak diberi ketabahan, kekuatan serta keikhlasan. Tadi saya juga telah meminta pihak Kecamatan maupun Kelurahan untuk berkoordinasi ke Dinas Sosial agar bantuan bisa segera disalurkan kepada mereka,” kata Wali Kota.

Tak sampai disitu, Aditya juga menaruh perhatian yang cukup serius atas musibah yang kerap terjadi diKecamatan Cempaka. Mulai dari kebakaran hingga banjir yang mengakibat kerugian sangat besar terhadap masyarakat di sana.

Oleh karena itu, Wali Kota Banjarbaru mengaku berencana untuk segera menambah sekaligus melengkapi fasilitas sarana prasarana penanganan bencana di wilayah Cempaka. Salah satu yang dirancangnya ialah penambahan unit pemadam kebakaran.

“Kita akan usulkan di anggaran untuk menambah unit pemadam kebakaran di Cempaka. Selain itu sarana prasarananya juga kita akan lengkapi. Dengan begitu musibah seperti ini bisa diminimalisir,” tuntasnya. (kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter: ibnu
Editor: bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->