Kapolda Irjen Rachmat Mulyana: Satukan Tekad Cegah Karhutla! - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Kapolda Irjen Rachmat Mulyana: Satukan Tekad Cegah Karhutla!

Diterbitkan

pada

Apel gelar pasukan di di Lapangan Sarpras Ditlantas Polda Kalsel, Kamis (2/8) pagi. Foto : rico

BANJARBARU, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bertekat meminimalisir kebakaran hutan dan lahan tahun 2018 hingga mencapai angka titik nol. Untuk itu semua pihak harus melakukan upaya deteksi dini, tanpa terkecuali Polda Kalsel.

Hal itu disampaikan Kapolda Irjen Rachmat Mulyana pada apel gelar pasukan dan perlengkapan Karhutla yang dipusatkan di Lapangan Sarpras Ditlantas Polda Kalsel, Kamis (2/8) pagi. Ia mengatakan, berbagai upaya dilakukan di tahun 2018 ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalsel sebagaimana yang pernah dilakukan pada tahun 2017 lalu.

Namun Karhutla harus tetap menjadi perhatian utama hingga mencapai titik nol persen. Maka Irjen Rachmat Mulyana mengajak semua pihak melakukan upaya deteksi dini dan sosialisasi preventif Karhutla, serta penguatan sistem penanganannya harus semakin efektif dan terpadu.

“Apel kesiapan yang dilaksanakan ini sangat penting untuk kita berperan aktif mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Selatan sebagaimana tekat Kalsel tanpa asap,” tegas jenderal bintang dua ini.

Untuk itu, Satgas Karhutla diminta selalu siaga. Semua Posko dari tingkat Kecamatan dan Desa agar difungsikan dengan maksimal. Selain itu semua sarana secara rutin harus diperiksa secara teknis jangan sampai mengalami kendala.

Pada kesempatan ini juga dilakukan simulasi penangangan Karhutla yang memperagakan mekanisme cara penanganan terhadap Karhutla. Simulasi penanggulangan Karhula dilakukan oleh tim terpadu mulai dari Babinsa TNI, Bhabinkambtimas Polri, BPBD, Petugas Damkar dan pihak terkait bahu membahu memadamkan hutan yang sedang terbakar. (Rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan