Connect with us

HEADLINE

Kalsel Dijatah Menpan RB Lowongan 2.902 CPNS, Ini Daftarnya di Provinsi dan Kabupaten/Kota

Diterbitkan

pada

Kalsel mendapatkan jatah penerimaan CPNS tahun 2019 sebanyak 2.902 orang Foto : net

BANJARBARU, Pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup pemerintah pusat dan daerah. Termasuk juga untuk Kalimantan Selatan. Dalam surat keputusan Menpan RB No: B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang informasi penerimaan CPNS disebutkan Kalsel mendapatkan jatah sebanyak 2.902 CPNS. Baik untuk formasi di Pemprov Kalsel, maupun di Kabupaten/Kota.

Dari data yang didapatkan Kanalkalimantan.com, untuk Pemprov Kalsel mendapatkan jatah sebanyak 460 orang CPNS. Sedangkan untuk kabupaten, HST mendapatkan jatah terbanyak sebesar 292 orang dan Banjarmasin terkecil sebanyak 82 orang. (Lihat tabel, red).

Pengadaan CPNS di Kalsel Tahun 2019

DAERAH JUMLAH
Kalsel 460 orang
Banjar 273 orang
Tala 182 orang
Tapin 218 orang
HSS 261 orang
HST 292 orang
Batola 175 orang
Tabalong 251 orang
Kotabaru 144 orang
HSU 108 orang
Tanbu 145 orang
Balangan 123 orang
Banjarmasin 82 orang
Banjarbaru 188 orang

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalsel Sulkan mengatakan, berdasar formasi rekrutmen CPNS dari surat keputusan (SK) Kemenpan-RB, disebutkan jumlah lowongan CPNS untuk masing-masing daerah. “Untuk Kalsel mendapat formasi sebanyak 460 orang. Formasinya untuk CPNS tahun ini adalah tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” terangnya.

Sulkan mengatakan, untuk saat ini rincian formasi masih menunggu ketetapan dari pusat. Karena yang disampaikan saat ini baru terkait jumlah kebutuhan PNS yang disepakati oleh pemerintah pusat untuk Kalsel. “Untuk formasi mana saja dari tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis yang dibutuhkan di SKPD yang ada di Pemprov Kalsel,” ungkapnya.

Sesuai prosedurnya, menurut dia, untuk rekrutmen dalam prosesi seleksi CPNS 2019 akan menunggu aturan yang dikeluarkan Kemenpan-RB terkait dengan petunjuk teknis (juknis). “Sedangkan, untuk petunjuk teknis seleksi penerimaan CPNS tahun 2019 diatur oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN),” katanya.

Sulkan mengatakan, erbitnya juknis dan juklak untuk pelaksanaan penerimaan CPNS 2019 seluruh Indonesia pada November 2019 nanti. “Dengan begitu, putra-putri terbaik Banua yang ingin mengabdikan diri sebagai ASN bisa mengetahuinya. Jadi mohon bersabar mengenai pengumuman dibukanya pendaftaran penerimaan CPNS di Pemprov Kalsel,” terangnya.

Di sisi lain, Sekda Banjar Mokhamad Hilman juga membenarkan pihaknya mendapat jatah penerimaan CPNS dari pemerintah pusat. Namun saat ini pihaknya belum dapat menjelaskan secara rinci tentang jumlah dan formasi CPNS untuk kebutuhan Pemkab Banjar. “Kita diberi tahu penerimaan CPNS untuk Pemkab Banjar akan digelar tahun ini. Rencananya, pada November 2019 ini, kami siap melaksanakan seleksi CPNS,” tegasnya.(fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Chell

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->