Connect with us

HEADLINE

Jokowi Dibilang Aneh dan Kurang Cerdas Gegara Nyentil Capres Berwajah Cling

Diterbitkan

pada

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadiri acara relawan bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Foto: ANTARA/Melalusa Susthira K

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenai ciri-ciri calon pemimpin yang memikirkan rakyat terus menuai sorotan. Pasalnya, Jokowi seolah memberikan ‘kode keras’ bahwa calon presiden atau Capres 2024 berambut putih.

Mengutip Wartaekonomi.co.id -jaringan Suara.com-, Presiden Jokowi sebelumnya memberikan pidato dalam acara Nusantara Bersatu di Stadion GBK, Jakarta. Di hadapan relawannya, Jokowi mengingatkan mereka untuk memilih capres dengan berhati-hati.

Orang nomor satu di Indonesia ini juga meminta agar relawan memberikan suara ke calon pemimpin yang memikirkan rakyat dan bersedia turun ke bawah.

Tak sampai di situ, menurut Jokowi, calon pemimpin yang memikirkan rakyat juga terlihat dari fisiknya. Di antaranya berambut putih, memiliki banyak kerutan di wajah.



 

 

Baca juga: Ratusan Anak Ikuti Kegiatan Mendongeng dan Menggambar Bertema Lingkungan

“Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya dari penampilannya. Itu kelihatan banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada, ada itu,” jelasnya.

Dalam momen itu, Jokowi memang tidak menyebutkan nama capres yang didukungnya. Namun, ia mengarahkan relawannya agar melihat kerutan di wajah dan rambut putih dari calon pemimpin yang akan bertarung di Pemilu 2024.

“Saya ulang. Jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih tidak ada kerutan di wajahnya, hati hati. Lihat juga rambutnya. Wah kalau rambutnya putih semuanya ini mikir rakyat ini,” sambung Jokowi.

Sontak, pernyataan Jokowi mendapatkan tanggapan dari pengamat politik Jerry Masie. Ia menilai arahan Jokowi terkait capres sangat aneh dan kurang cerdas.

“Kalau narasi rambut putih, berkumis itu aneh-aneh. Jadi menurut saya bahasanya kurang cerdas, mencari pemimpin yang berambut putih,” ucap Jerry.

Baca juga: Bupati Banjar Hadiri Wisuda XXXV dan Ultah ke-34 BKPRMI Rayon 2 di Masjid Nurul Iman

Tak sampai di situ, pernyataan Jokowi juga dinilai bisa menyinggung tokoh-tokoh politik berambut hitam. Salah satunya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Nah, nanti (capres) rambut-rambut hitam bisa tersinggung, gitu kan. Di satu sisi dia bilang menjagokan Prabowo tapi di satu sisi kan dia tidak menyebut badannya agak lebar tapi tidak berambut putih,” ujar Jerry.

“Nah, berarti secara tidak langsung dia menyinggung Prabowo. Otomatis dia tidak menyinggung Prabowo. Kesannya ini bahasannya mendukung Ganjar Pranowo,” tandasnya. (Kanalkalimantan.com/Suara.com)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->