Connect with us

HEADLINE

Jemaah Haji Kloter 3 Tiba Dini Hari, Satu Jemaah Teridentifikasi Covid-19

Diterbitkan

pada

Pemeriksaan antigen jemaah haji di Debarkasi Banjarmasin saat kedatangan jemaah. Foto: Ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Banjarmasin kembali mendapati jemaah haji yang positif Covid-19 setelah tes antigen kepada jemaah haji Kloter 3-BDJ (Banjarmasin) yang tiba Kamis (28/7/2022) dini hari.

Diketahui jemaah haji Kloter 3-BDJ berjumlah 358 jemaah haji dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Tapin, Batola dan Banjarmasin.

Setelah dilakukan tes antigen Covid-19, satu orang jemaah haji dinyatakan positif Covid-19.

Kasi Kesehatan PPIH Embarkasi Haji Banjarmasin, Basuki Rahmat, menyampaikan setelah dilakukan pengambilan sampel dari hasil antigen satu jemaah haji dinyatakan positif Covid-19.



 

Baca juga  : Solar Susah Didapat di SPBU, Para Sopir Truk Pelabuhan ‘Kepung’ Balai Kota Banjarmasin

“Kemudian sampelnya kita kirim, sementara untuk pasien kita serahkan kepada dinas kesehatan kabupaten atau kota yang bersangkutan,” ujarnya.

Basuki menuturkan terkait adanya jemaah yang positif dari Kloter 3 berasal dari Kabupaten HSU. Jemaah yang kedapatan positif Covid-19 dipulangkan ke daerah asal dengan kendaraan terpisah dan tidak dengan kendaraan bus yang mengangkut jemaah haji lainnya.

“Tiba dini hari tadi saya belum dapat info, apakah ditempatkan di tempat khusus atau menjalani isolasi mandiri,” bebernya.

Lalu, apa rekomendasi dari Tim Kesehatan PPIH Embarkasi Haji Banjarmasin? Basuki menyampaikan rekomendasi kepada dinas kesehatan kabupaten atau kota terkait, untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan mengawasi para jemaah haji yang positif Covid-19 ini.

 

Baca juga   : Letkol Purn Tugimin Pimpin DPC LVRI Banjarbaru 2022-2027

“Kami juga memberikan K3JH (Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji) juga. Artinya jika dalam waktu 21 hari setelah pengambilan sampel antigen ada jemaah haji yang demam, wajib melaporkan ke puskesmas setempat bahwa mereka datang dari luar negeri,” tuntasnya.

Sebelumnya Tim Kesehatan PPIH Embarkasi Banjarmasin juga menemukan satu orang jemaah positif Covid-19 asal Hulu Sungai Selatan, yang dipulangkan menggunakan mobil terpisah dengan rombongan haji.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->