Connect with us

HEADLINE

Jelang Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama, Dinkes HSU Gelar Simulasi

Diterbitkan

pada

Simulasi pemberian vaksin Covid-19 di Kabupaten HSU, Jum'at (8/1/2021). Foto : dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Jelang vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang diprioritaskan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes), Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar simulasi teknis penyelenggaraan vaksinasi di halaman kantor Dinkes Kabupaten HSU, Jumat (8/1/2021).

Simulasi dilakukan untuk melihat kesiapan teknis vaksinasi untuk para tenaga kesehatan dan pejabat publik yang rencananya bakal dilakukan pada 14 Januari 2021 mendatang.

“Kita sudah siap melaksanakan (vaksinasi) ini, tanggal berapa pun, dimajukan atau dimundur sekalipun. Karena itu hari ini kita melaksanakan simulasi bagaimana teknis pelaksanaannya. Termasuk seperti rencana secara simbolis tanggal 14 Januari nanti, sesuai dengan apa yang diarahkan oleh Bupati,” ungkap Plt Kepala Dinkes HSU H Danu F Fotohena.

Meski pihaknya juga baru menerima surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI tentang penundaan vaksinasi sampai sertifikat EUA (Emergency Used Authorization) diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).



“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, BPOM sudah mengeluarkan nomer izin edar EUA, sehingga dapat didistribusikan ke kabupaten-kabupaten, kita juga masih menunggu sertifikasi halal dari MUI,” katanya.

Danu menambahkan, melalui simulasi vaksinasi ini pihaknya juga akan melihat situasi kedepan apabila nantinya mendekati hari H, antara tanggal 12-13 Januari mendatang, vaksin belum juga di distribusikan ke kabupaten, pihaknya selalu siap melihat situasi seperti ini.

Saat ini, kata Danu jumlah data Nakes di Kabupaten HSU yang rencananya divaksinasi sesuai input data terbaru mengalami penambahan menjadi 1.575 orang.

“Itu semua data Nekes di seluruh fasilitas kesehatan di HSU termasuk di Dinas Kesehatan yang jumlahnya 101 orang,” sebut Danu.

Sementara itu, Kabid P2PL Dinkes HSU Masbudianto mengatakan, untuk memudahkan jalannya vaksinasi nantinya Nakes diarahkan untuk menjalani vaksinasi di fasilitas kesehatan masing-masing, baik itu di Puskesmas, klinik Polres HSU maupun RSUD Pambalah Batung Amuntai.

“Untuk teknis vaksinasi nantinya, kita berikan dua sampai tiga sesi per hari, sesuai jumlah Nakesnya, satu sesi sekitar 15 orang menjalani vaksinasi, sampai sesi ketiga yakni mencapai maksimal 45 orang per harinya, apabila lebih maka diimbau untuk melakukan vaksinasi di hari berikutnya,” jelasnya.

Di lain pihak, Kepala UPT Puskesmas Haur Gading dr Yenny Kusuma Dewi, mengakui pihaknya sudah siap melaksanakan vaksinasi, yang mana sasaran Nakes di UPT Puskesmas Haur Gading berjumlah 64 orang.

“Tenaga kesehatan kami baik itu dokter, tenaga medis dan para medis pembantu lainnya Insyaallah siap, karena ini adalah salah satu reward dari pemerintah untuk melindungi kami sebagai nakes,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

 

Reporter : Dew
Editor : Bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->