Connect with us

Haul Sekumpul 14

Jamaah Meningkat, Sampah di Acara Haul ke-14 Bisa Capai 500 Ton

Diterbitkan

pada

ASN ikut dikerahkan membersihkan sampah pasca haul ke-14 Foto : Istimewa

MARTAPURA, Usai pelaksanaan haul, sejak Sabtu- Minggu (9-10/3) kemarin, petugas kebersihan bekerja ekstra membersihkan sampah. Guna meringankan tugas petugas kebersihan, Pemkab Banjar hingga intruksikan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengerahkan ASN/PTT di lingkupnya guna bergotong-royong memungut sampah di lokasi Sekumpul dan sekitarnya, Senin (11/3).

Diperkirakan, jumlah tonase sampah pada haul kali ini meningkat dibandingkan sebelumnya. Jika pada haul ke-12 (2017) ada sebanyak 147 ton sampah, haul ke-13 (2018) ada 347 ton, maka tahun ini diperkirakan bisa mencapai 400-500 ton sampah.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kabid Pengelolaan Sampah Taman dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar Riza Rusadi. “Yang sudah terkondisikan daerah sekumpul Jalan Sekumpul Raya. Kalau di lain-lain masih belum, sampahnya banyak,” katanya.

Intruksi surat peryataan yang ditandatangani Sekertaris Daerah Banjar Nasrunsyah tersebut, antara lain masing-masing orang yang mengikuti kegiatan pemungutan sampah tersebut diharuskan membawa sendiri kantong plastik.  Sementara bagi yang memiliki mobil pick uo diharap dapat mengerahkan mobil angkutan untuk memangkut sampah tersebut.

Berdasarkan pantauan pantauan kanalkalimantan.com puluhan hingga ratusan petugas kebersihan masih melakukan pemungutan sampah diarea sekumpul Martapemura dengan dibantu OPD lingkup Kabupaten Banjar.

Dikutip dari Instagram Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar, Kepala DLH Banjar Boyke W. Triestiyanto mengatakan, terus berkomitmen dengan bersama-sama bahwa akan mengawal kebersihan lingkungan haul dan sekitarnya hingga berakirnya acara.

Tak lupa Boyke mengucapkan terimakasih, kepada relawan Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 yang turut membantu untuk membersihkan sisa sampah yang masih berserakan. “Saya mengucapkan terimakasih kepada relawan Haul semoga apa yang sudah diberikan dan dilakukan menjadi amal shaleh buat seluruh anggota relawan,” ujarnya.

Sebelumnya Riza Rusadi mengatakan, disamping kewajiban DLH sendiri untuk membersihkan sampah Haul di setiap tahunnya, pihak DLH Banjari siap mendukung para relawan kebersihan dengan memberikan beberapa kebutuhan kantong plastik.

Sementara sampah yang dikumpulkan saat haul ke-14 akan diangkut ke TPA Regional Banjarbakula Provinsi Kalimantan Selatan. Tambahnya lagi, DLH Banjar sendiri menyiapkan ada 30 armada truck, 15 tosa dan 7 pickup, sementara petugas kebersihan yang dikerahkan ada sebanyak 150 hingga 200 petugas kebersihan.

“Rencananya setelah jam rutin pekerjaan mereka selesai, maka akan kita lemburkan sampai malam, Insyaallah kita carikan bonusnya untuk yang lembur itu,” janjinya.

Diketahui sebelumnya dari rapat para relawan keberihan yang digelar pada Selasa (6/3) kemarin, adapun terdata  ada 893 relawan kebersihan yang akan terlibatdan  didikung 55 unit kendaraan roda empat sebagai angkutan sampah. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->