Connect with us

Budaya

Jalan Panjang Bunda Nunung Bertemu Umbu Landu Paranggi

Diterbitkan

pada

Bunda Nunung bersama penyair Agustina Thamrin dan Umbu Landu Paranggi Foto: istimewa

BANJARMASIN, Berbagai gebrakan dilakukan Kepala Dispersip Kalsel Hj Nuliani Dardie atau Bunda Nunung untuk mengembangkan budaya literasi dan sastra di Banua. Salah satu langkah besar yang dilakukan, adalah mengundang mahaguru sastra Umbu Landu Paranggi.

Hal tersebut diwujudkan oleh Bunda Nunung dengan mendatangi langsung Presiden Sastra Malioboro ini ke padepokan Jatijagat Kampung Puisi (JKP) di Denpasar Bali, Minggu (27/1).

Bunda Nunung mengunjungi secara khusus legenda hidup sastra ini ditemani Agustina Thamrin, penyair Banjarbaru dan penulis buku Manta Malam. Kedatangannya sebenarnya dalam rangka menjadi salah satu pembicara dengan tema Peran Perpustakaan di Era Milenial.

Di sela kegiatan tersebut, ia berharap juga bisa bertemu dengan Umbu Landu Paranggi yang selama puluhan tahun menjadi tokoh yang sangat ingin ditemuinya. Bunda Nunung bersyukur, keinginannya terwujud saat sudah menjabat Kadispersip Kalsel yang difasilitasi oleh Wayan Jengki Sunarta, Ketua Harian Jatijagat Kampung Puisi (JKP) dan Warih Wisatsana Bentara Budaya Bali di JKP Denpasar.

“Selain silaturahmi, sekaligus mengundang Umbu Landu Paranggi yang disambut baik dan dengan penuh kehangatan serta kekeluargaan oleh beliau dan menyatakan siap hadir di penghujung April usai pesta demokrasi,” paparnya.

Berpuluh tahun lamanya sejak Bunda Nunung menjabat Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarbaru keinginan itu terus menggebu-gebu. “Cuma saya tidak tahu harus bagaimana caranya agar bisa berjumpa beliau, sebab menurut beberapa sumber yang saya baca bahwa tidaklah mudah untuk bisa bertemu beliau,” terangnya. (mario)

Reporter:Mario
Editor:Cell

Bagikan berita ini!