Ini Rahasia Tetap Sehat Meski Cuaca Ekstrem - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kesehatan

Ini Rahasia Tetap Sehat Meski Cuaca Ekstrem

Diterbitkan

pada

Olahraga teratur dapat menjaga kondisi tubuh di cuaca ekstrem Foto: net

Hujan yang tak berkesudahan atau tiba-tiba panas menggantang. Di musim seperti ini, banyak orang jatuh sakit karena imunitas tubuh yang melemah menghadapi pergantian cuaca ekstrem.

Imunitas tubuh yang kuat merupakan benteng pertahanan terhadap berbagai macam penyakit. Sistem imunitas tubuh akan memberikan respon perlindungan terhadap bakteri, virus dan parasit yang masuk ke dalam tubuh.

Beberapa cara yang diakui keberhasilannya dalam menjaga sistem imunitas tubuh adalah:

  • Menghindar dari asap rokok

Baik perokok aktif maupun pasif merupakan golongan yang rentan terserang penyakit infeksi. Sebuah penelitian tahun 2010 di Ohio menggambarkan perokok aktif dan pasif mengalami derajat keparahan penyakit lebih tinggi akibat penurunan sistem imunitas tubuh.

  • Aktif berolah raga

Kombinasi latihan aerobik dan latihan kekuatan otot yang diselingi latihan kelenturan seperti yoga selama 20 – 30 menit dengan interval 2-3 kali dalam seminggu baik untuk menjaga tubuh tetap fit dan juga menjaga berat badan. Kelebihan berat badan yang disertai penumpukan lemak tubuh akan meningkatkan resiko penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan pastinya juga menurunkan kemampuan sistem imun tubuh.

  • Tidur

Tidur malam yang baik dan cukup berarti memberikan kesempatan bagi sistem imunitas tubuh bekerja dalam kondisi terbaik.

  • Memilih makanan sehat

Makan sehat berati didalamnya terkandung cukup nutrisi yang diperlukan untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Komposisi makanan sehat terdiri dari buah, sayur, sereal dan biji-bijian utuh, serta makanan dengan kandungan lemak dan gula rendah.

  • Kebersihan

Jagalah kebersihan di sekitar makanan yang kita buat dan tempat penyimpanannya seperti dapur dan kulkas. Hal tersebut dapat mengurangi jumlah kuman yang masuk ke dalam tubuh.

  • Sediakan Bawang Merah Kupas

Irisan Bawang Merah Mampu Serap Virus & Bakteri Penyebab Flu. Irisan bawang merah yang disimpan di sudut kamar tidur saat malam hari mampu menyerap bakteri yang berada si sekitar ruangan, biasanya irisan bawang merah akan berubah menjadi hitam di pagi harinya karena permukaan bawang telah menyerap bakteri dan virus.

Selain bisa disimpan di sudut ruang kamar tidur, Anda juga bisa mencoba menyimpan irisan bawang merah di meja tempat kerja karena aroma atsiri yang terkandung di dalam bawang merah akan menyebar ke seluruh ruangan sehingga mampu mencegah Anda dan orang-orang terdekat terserang oleh virus influenza.Banyak orang yang mungkin belum mengetahui bahwa kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional yang mampu penyerap bakteri dan virus. Hal ini disebabkan karena bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin, senyawa ini lalu diubah oleh enzim alliinase menjadi asam piruvat, ammonia dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida. Kandungan flavonoid yang terdapat pada bawang merah juga berfungsi sebagai anti radang, anti bakteri serta mampu menurunkan panas. Selain itu, senyawa sulfur dan quercetin yang banyak terkandung dalam minyak essensial atau minyak atsiri bermanfaat dalam mentralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.

Sebelum anda bersin-bersin karena flu atau sekarang sedang terserang flu ada baiknya mengaplikasikan cara diatas dan tentu saja siapkan irisan bawang merah sebelum tidur. Salam sehat ya gaessss ! (Desy/bbs)

Reporter: Desy/bbs
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan